Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Sulsel Mantapkan Administrasi Bantuan Peternakan Ayam

  • Bagikan
Peternakan Ayam (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Bantuan Peternakan Ayam untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) Pemprov Sulsel bakal dilaksanakan tahun ini. Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Sulsel sedang dalam pemantapan administrasi.

Diketahui, Bantuan Peternakan Ayam itu Bakal menyasar 1500 RTM di Sulsel dengan estimasi Rp13-14 Juta untuk satu RTM atau Sekitar Rp19 miliar untuk APBD 2024.

Kepala Bidang Perbibitan dan Produksi Dinas Peternakan Sulsel, Ahmad Masykuri mengatakan untuk program tersebut pada triwulan pertama (TW I) tahun anggaran 2024 ini akan melakukan persiapan administrasi.

“Untuk TW I satu tahapannya itu untuk merampungkan administrasi dan legalitasnya,” ujarnya kepada Rakyat Sulsel.

Kata dia, pun dengan tahapan penyebaran bantuan itu nantinya bakal memperhatikan kesiapan kabupaten yang merujuk pada verifikasi data penerima yang bakal dilakukan oleh pihaknya bersama dengan pemerintah kabupaten se-Sulsel.

“Jadi kita tidak tentukan kabupaten mana yang duluan, tapi kabupaten mana yang sudah siap, karena kami kan lakukan verifikasi data penerima by name,” cetusnya.

Ia mengatakan, untuk melaksanakan program itu bakal dilakukan secara berkala dengan pertama kali akan melakukan pembangunan kandang ayam di masing-masing RTM penerima.

“Jadi tidak semua langsung diberikan, kita lihat dulu selesai kandangnya, baru kita berikan ayamnya agar, hewan ternaknya (ayam) aman,” paparnya.

Ia juga menyampaikan, permulaan program itu juga tidak akan berfokus menuntaskan sekaligus dalam satu kabupaten, namun dilakukan secara berkala, yaitu menyelesaikan sarpras terlebih dahulu.

Ia berharap, proyeksi produktivitas peternakan ayam tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat dengan rentan waktu yang tak lama. (Abu/B)

  • Bagikan