Sepekan, Harga Bawang Putih Melonjak

  • Bagikan
Bawang putih di pasaran (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Harga komoditas Bawang Putih di wilayah Makassar, Maros, Sungguminasa-Gowa, Takalar (Mamminasata) mengalami kenaikan harga dari pekan sebelumnya. Kisaran harganya antara Rp39 ribu hingga Rp40 ribu/Kilogram (kg).

Sub Koordinator Harga Pangan Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Main Sese Inda Laila menyampaikan untuk di wilayah Makassar sendiri, harga bawang putih mengalami kenaikan sekitar Rp1.500 yang sebelumnya Rp37.500.

Sedangkan, untuk harga cabai rawit merah juga mengalami kenaikan harga sebesar Rp2 ribu yang minggu sebelumnya Rp25 ribu/kg menjadi Rp27.500/kg.

“Sedangkan cabai merah keriting itu cukup besar penurunan harganya, sebesar Rp6.500 minggu lalu Rp 41.500 per kilo, sekarang Rp35 ribu per kilo,” tuturnya.

Kata dia, untuk di wilayah Maros, beberapa komoditas masih bertahan dengan harga yang sama, hanya saja kata dia untuk harga bawang putih juga mengalami kenaikan.

“Minggu sebelumnya itu, bawang putih Rp37.500/kg, naik menjadi Rp40 ribu/kg,” ungkapnya.

Kemudian, untuk wilayah Gowa komoditas cabai mengalami penurunan harga, minggu sebelumnya harga cabai merah keriting Rp40 ribu/kg turun menjadi Rp35 ribu/kg.

“Kalau harga Bawang Putih tetap seharga Rp 40 ribu/kg,” ujarnya.

Untuk di kabupaten Takalar sendiri, harga bawang putih juga masih di angka Rp40 ribu/kg dan sudah bertahan dalam sepekan ini. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan