Berikut Cara Membuat Sambal Cumi Balado yang Menggugah Selera

  • Bagikan
Balado Cumi

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Cumi-cumi merupakan hewan moluska laut yang dikenal dengan tubuhnya yang lunak dan berotot, serta ciri khasnya yang memiliki sepasang tentakel yang panjang.

Daging cumi-cumi umumnya memiliki tekstur kenyal dan kaya akan protein, sehingga sering dijadikan bahan makanan dalam berbagai masakan laut di seluruh dunia.

Di Indonesia, cumi-cumi sering dijadikan bahan utama dalam berbagai hidangan karena ketersediaannya yang melimpah di perairan Indonesia. Cumi-cumi memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang kenyal, sehingga cocok untuk diolah menjadi berbagai olahan makanan.

Adapun hidangan populer yang menggunakan cumi-cumi sebagai bahan dasar, yakni salah satunya ialah sambal cumi balado. Sambal cumi balado memiliki cita rasa pedas, gurih, dan sedikit manis.

Kombinasi tekstur kenyal dari cumi-cumi dengan rasa pedas dan aromatik dari bumbu balado menciptakan hidangan yang lezat dan menggugah selera. Sambal cumi balado sering disajikan sebagai lauk utama dengan nasi hangat, serta menjadi pilihan makanan favorit di berbagai kesempan, baik untuk santapan sehari-hari maupun hidangan spesial.

Dilansir dari youtube @devinahermawan, berikut merupakan bahan dan cara membuat sambal cumi balado.

Bahan:
● 300 gr cumi asin
● 5 lembar daun jeruk
● 1 batang serai
● 2 lembar daun salam
● 5 siung bawang putih
● 10 siung bawang merah
● 50 ml minyak
● 2 buah terasi
● 30 cabai rawit
● 8 cabai merah besar
● 1 sdt garam
● 2 sdt gula
● 1 sdt penyedap
● 1 buah jeruk limau

Cara membuat:

  1. Rendam cumi dengan air panas, kemudian tiriskan. Selanjutnya, potong-potong cumi sesuai selera, lalu cuci hingga bersih.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis cumi dan tutup penggorengan agar cumi tidak meletup-letup. Masak hingga cumi berubah warna, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Untuk membuat bumbu halus, blender bawang merah, bawang putih, dan minyak hingga semua bumbu benar-benar halus.
  4. Untuk bumbu cincang, masukkan cabai merah, cabai rawit, dan terasi ke dalam food processor, lalu cincang hingga tekstur tidak terlalu halus.
  5. Panaskan pan atau wajan bekas tumisan cumi. Masukkan bumbu cincang, lalu aduk-aduk atau tumis. Tambahkan serai, daun jeruk, dan daun salam hingga wangi.
  6. Masukkan bumbu halus dan tumis lagi hingga wangi. Tumis dengan menggunakan api sedang.
  7. Berikan bumbu seperti garam, gula, penyedap, dan jeruk limau, lalu aduk hingga rata.
  8. Sambal cumi balado siap dihidangkan. (jp/raksul)
  • Bagikan