Resmikan MNP, Jokowi Harap Indonesia Timur Lebih Berdaya Saing dan Efisien

  • Bagikan
Presiden Jokowi usai Peresmian Tol MNP, di Kota Makassar.

"Presiden tiga tahun lalu menyampaikan BUMN untuk menjadi pemain global. Setelah 3 tahun mengkonsolidasikan pelabuhan dibawah Pelindo 1,2,3 dan 4, sekarang Pelindo sudah menjadi satu dan sudah masuk kategori pelabuhan terbaik," ucap Erik

Dengan kehadiran BUMN, bongkar muat yang sebelumnya 30 boks sekarang menjadi 40 boks dan waktunya lebih efisien. Saat ini sedang menata pelabuhan khusunya di Indonesia Timur yang terintegrasi di Jakarata. Tiga pelabuhan Internasional untuk mengintegrasikan pelabuhan dan daerah industri.

Presiden RI, Joko Widodo mengatakan kehadiran MNP untuk mengefisienkan alur distribusi khususnya logistik dari segi waktu maupun biaya. 

"Makassar new port ini akan memberikan dampak daya saing, nantinya program program di  Indonesia bagian timur akan lebih baik lagi dan juga efisiensi biaya logistik dan akan lebih baik lagi  sehingga program program wilayah indonesia timur bisa bersaing dengan wilayah indonesia lainnya atau dengan negara lain," ujar Jokowi

Lebih jauh kata dia, tidak sedikit anggaran investasi untuk Makassar New Port ini,  "Rp5,4 triliun sangat besar sekali dan secara bertahap ini baru 30 persen bergeser dari  pelabuhan lama ke sini, dan tahap demi tahap nanti akan 100 persen," tutupnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan