Resmikan MNP, Jokowi Harap Indonesia Timur Lebih Berdaya Saing dan Efisien

  • Bagikan
Presiden Jokowi usai Peresmian Tol MNP, di Kota Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Presiden Joko Widodo hadir langsung meresmikan  Makassar New Port  (MNP) Tahap 1B dan 1C di Jl Sultan Abdullah Raya, Tallo Makassar, Kamis (22/2/2024).

Di dampingi Menteri BUMN Erik Tohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi, orang nomor satu RI ini hadir di MNP pasca meresmikan IPAL Metropolitan Investment Project dan jalan akses tol Makassar menuju New Port. 

PJ Gubernur, Bahtiar Baharuddin dalam sambutannya mengatakan kehadiran MNP menjadi lompatan besar bagi Makassar untuk memudahkan hasil bumi Sulawesi Selatan, begituan dari luar masuk ke Sulsel.

"Kami tegak lurus bersama presiden. Ini menjadi lompatan kejayaan Makassar menjadi  pelabuhan besar di Indonesia Timur. Kami yakin hasil pertanian, hasil bumi, perikanan bisa di kirimkan melalui MNP ini," ujarnya.

Selanjutnya, Bahtiar melaporkan saat ini inflasi Sulsel tercatat lebih baik di triwulan terakhir 2023 hingga awal 2024.

"Empat bulan terakhir inflasi Sulsel dibawa nasional atau diangka  2,38 persen, sedang sebelumnya inflasi  diangka 3 persen. Dari segi keamanan menjadi yang teraman ke dua. Ini aslinya Bugis Makassar suka damai. Pembangunan IKN kami masyarakat Sulsel yg akan menikmatinya," sambungnya.

Menteri BUMN, Erik Tohir mengatakan  pembangunan yang dilakukan saat ini telah menjadikan Pelindo pelabuhan  terbaik di Indonesia dan diperhitungkan dunia. 

  • Bagikan