Tumbuh Signifikan Hingga 30 Persen di 2023,  MG Optimis Gaet Pasar di 2024

  • Bagikan
Salah satu lini up listrik MG ZS.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Hadir di Makassar sejak 2022 lalu, kiprah Morris Garage (MG) menjadi angin segar bagi dunia otomotif khususnya di kota daeng. 

Tidak main-main, MG bahkan memasuki pasar otomotif tidak hanya dikategori mobil konvensional tetapi juga mobil listrik dengan ciri khas smart car dan memiliki berbagai kecanggihan.

General Manager PT Sinar Galesong Automobil, Sudarmaji Madani mengungkapkan, selama 2023 penjualan mobil asal inggris ini mengalami perkembangan cukup signifikan dan cenderung mengalami kenaikan hingga 30 persen jika di banding 2022 lalu. 

"Perkembangan produk MG mengalami kenaikan signifikan, ini dibuktikan dengan Sinar Galesong Automobil selaku main dealer area Sulsel mendapatkan beberapa penghargaan sebagai Best Performance, Best Grup dan Best Bisnis,"ujar Sudarmaji saat dihubungi Rakyat Sulsel, Kamis  (22/2/2023)

Kenaikan ini didukung oleh segmentasi pasar yang mempuni dimana MG menyasar konsumen yang open minded dang gen Z yang peduli akan kecanggihan kendaraan. 

"Segmentasi pasar kami masih sama degan sebelumnya. Produk MG menyasar konsumen yang  berada di posisi middle up,  namun karena ada program yang menyasar medium low, maka kami memaksimalkan pasar tersebut baik di Manado maupun di Makassar," bebernya 

 "Kalangan yang membeli produk kami   biasanya generasi milenial dan cenderung senang hal baru, memiliki jiwa muda dan ingin tampil beda, sosialita, kedokteran dan sebagainya," tambah Sudarmaji.

Dirinya juga mengungkapkan, untuk produk paling diminati di 2023 berada di posisi 3 lini up yakni SUV medium B dan C dan juga ada  sedan Kupon MG 5 . Khusus sedan, share MG cukup tinggi bahkan bisa tembus 2 digit.

Lebih jauh, Sudarmaji mengatakan, MG akan lebih exis di tahun 2024 sebab selain  baru di rilis yakni harga mobil listrik menggunakan CBU, lalu di rilis pula mobil listrik produksi Indonesia MG 4 EV crossover MG ZS  SUV  di harga Rp442.500 hingga Rp462.500, "Harga ini cukup kompetitif untuk segmen mobil listrik," pungkasnya.

Lini up lainnya ada kelas mobil listrik premium yakni New Maxus 9 yang merupakan satu-satunya mobil listrik premium setara dengan Alphard. 

"MG 4 EV dan MG ZS merupakan lini up yang baru kita launching dan merupakan station wagon  yang merupakan mobil listrik tidak hanya menyasar komersil tetapi juga  untuk passenger," ujar Sudarmaji

Sudarmaji membeberkan, di tahun 2024 ini MG juga akan menghadirkan berbagai lini up baru, "Mobil lainnya yang akan di rilis tidak bisa di up ke market sekarang, namun ada total 10 lini up model yang akan hadir jika di total dari awal MG  di Indonesia hingga akhir 2024," bebernya. 

"Tentunya dengan adanya lini up baru dan adanya produksi mobil listrik di Indonesia kami sangat optimis. Apalagi setelah merilis  harga khusus produksi Indonesia 

MG 4 EV, kami mengalami  inden cukup tinggi dan signifikan. Posisi saat ini  tembus 3 bulan indent dimana kami baru merilis mobil baru 6 unit dan langsung sold out. Selebihnya kami langsung menunggu suplai di pabrik Indonesia. Jadi tentu optimisme sangat baik apalagi ada lini up baru yang akan hadir di 2024," tambahnya.

Adapun strategi pemasaran di tahun ini, Sudarmaji mengatakan pihaknya masih menyasar segmen sesuai pasar MG dan  lebih menjangkau masyarakat Sulawesi. Sedang untuk target di 2024  menurutnya cukup tinggi dan signifikan.

"Targetnya naik 350 persen dibanding pencapaian di 2023 seiring akan adanya lini up  2024 dan adanya pabrikan yang rilis di Indonesia. Harapannya MG semakin di kenal dan menjadi bagian masyarakat khususnya Sulsel dan Makassar. Disamping itu MG juga bisa menjadi bagian dari pilihan masyarakat dalam rangka mendapatkan fitur dan benefit yang value perpormannya sangat tinggi dari produk MG yang di tawarkan. Selain memiliki karakter desain yang berbeda, safety dan fitur bintang lima yang kami sematkan di MG saat ini," tutupnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan