7 Fakta Menarik dari Coklat, Pecinta Coklat Wajib Tau!

  • Bagikan

RAKYATSULSEL – Coklat adalah sebuah makanan yang manis serta pahit. Banyak sekali jenis coklat di dunia ini yang di mana terkadang akan membuat anda bingung untuk memilih serta membedakan mana coklat yang disukai atau tidak.

Namun, apakah anda tahu hal-hal mengenai coklat? Maka dari itulah, dilansir dari Tulip Chocolate, kami akan memberikan beberapa fakta menarik tentang coklat dan mungkin pecinta serta penikmat coklat sudah pernah mengetahuinya.

1. Coklat cepat dan mudah meleleh

Mungkin ada yang paham jika coklat mudah meleleh, namun bagaimanakah dengan temperatur yang digunakan agar hal itu bisa terjadi? Ternyata coklat hanya akan meleleh, apalagi dengan sempurna dan baik, jika temperaturnya diatur diantara low-medium atau 90oF/32oC jika ingin menggunakan double boiler untuk melelehkan coklatnya.

Perlu diingat jika ingin melelehkan coklat, jangan sampai melebihi batasan temperatur yang telah ditetapkan di atas dikarenakan kualitas dari coklat yang meleleh bisa menjadi jelek dan tidak sempurna.

2. Coklat termasuk sebagai buah

Biji coklat atau kakao adalah asal muasal bagaimana coklat bisa terjadi dan biji coklat tersebut berasal dari pohon yang bernama ilmiah Theobroma Cacao atau bisa disebut pohon coklat. Pohon tersebut menghasilkan kakao seperti pohon buah-buahan lainnya, maka dari itu coklat termasuk jenis buah karena pohonnya.

3. Coklat putih bukanlah coklat

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa coklat putih termasuk salah satu tipe coklat seperti coklat hitam, namun hal itu salah karena coklat putih tidak termasuk sebagai coklat. Mengapa demikian? Karena meskipun tidak mengandung bubuk coklat, mereka mengandung mentega coklat, karena itulah warnanya putih.

Berbeda dengan coklat putih, coklat lain memiliki bubuk dan mentega coklat yang membuat warnanya kebanyakan coklat.

4. Sejarah dari coklat susu

Bentuk awal dari coklat adalah coklat berwarna hitam hingga suatu hari, seseorang bernama Daniel Peter, menemukan coklat susu dan memperkenalkannya kepada public. Beliau menemukan coklat susu tersebut pada tahun 1875 di Switzerland dan hal itu membuat coklat susu menjadi coklat modern pertama.

5. Umur dari Pohon Coklat bisa mencapai hingga 200 tahun

Fakta mengejutkan lainnya dari coklat adalah pohon yang menghasilkan buah tersebut memiliki umur begitu panjang dan bisa bertahan hidup hingga 200 tahun. Dan lebih menariknya lagi, jika ditanam di tempat yang berbeda, maka umur mereka juga berubah.

Pohon coklat yang tumbuh di tempat iklim tropis hanya bisa hidup selama 25 tahun. Namun, meskipun pohon tersebut bisa memiliki umur yang berbeda, buah yang dihasilkan dari satu pohon dalam satu musim bisa mencapai 200 buah yang di mana setara dengan 2838 gram coklat.

6. Camilan coklat paling pertama adalah coklat panas

Mungkin anda akan berpikir bahwa cemilan coklat pertama yang ada di dunia adalah kue coklat. Namun itu tidaklah benar, karena camilan berbahan coklat pertama adalah secangkir minuman coklat panas yang dikala itu menjadi minuman bagi para keluarga kerajaan dan tidak bisa dinikmati oleh banyak orang seperti sekarang.

7. Pemasok coklat terbesar di dunia adalah Afrika

Percaya atau tidak, Afrika adalah pemasok coklat terbesar di seluruh dunia daripada negara atau tempat lain. Sekitar 70% dari biji coklat yang ada di penjuru dunia didapatkan dari Afrika yang menjualnya dikarenakan kualitasnya yang begitu bagus dan rasanya yang nikmat. (jp/raksul)

  • Bagikan