Resep Sambal Lamongan, Dijamin Enak dan Berguna bagi Kesehatan

  • Bagikan
Ilustrasusi: Sambal Lamongan

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Sambal merupakan ikon masakan Indonesia yang memiliki tempat yang istimewa di hati dan lidah masyarakat Indonesia.

Masyarakat Indonesia gemar mengonsumsi sambal tidak hanya karena rasa pedas yang menantang, tetapi juga karena kemampuannya untuk meningkatkan rasa dalam berbagai hidangan.

Sambal biasanya terbuat dari campuran cabai, bawang, garam, dan gula, sehingga menghadirkan kompleksitas rasa serta menambah cita rasa hidangan yang semakin lezat.

Sambal bukan hanya sekadar penambah rasa, tetapi juga merupakan warisan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Selain rasanya yang nikmat, sambal juga berguna bagi kesehatan, karena cabai dalam sambal diketahui memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

Variasi sambal dari berbagai daerah menambah kekayaan kuliner Indonesia dan menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi dan budaya kuliner. Contohnya seperti sambal Lamongan.

Sambal Lamongan sering disajikan di warung makan penyetan sebagai pelengkap hidangan utama seperti ayam penyet, ikan penyet, atau tempe penyet.

Cita rasa pedas dan gurih menjadikan tambahan kenikmatan dari setiap hidangan. Kini, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa perlu merogoh kocek untuk menikmati kelezatannya.

Dilansir dari youtube @NuraainiSoewarto pada Rabu (28/2), berikut merupakan bahan yang diperlukan serta tata cara dalam membuat Sambal Lamongan.

Bahan bahan

● Cabe merah 10 biji
● Cabe rawit 250 gr
● Kemiri 3 butir
● Tomat 2 buah
● Bawang merah 10 siung
● Bawang putih 7 siung
● Garam 1 sdt
● Penyedap 1 sdt
● Gula merah 1/2 bulat
● Terasi secukupnya
● Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

● Siapkan wajan, masukkan minyak goreng secukupnya.

● Kemudian, masukkan cabe, bawang merah, bawang putih, bawang, merah, tomat, dan kemiri. Selanjutnya aduk-aduk dan goreng sampai layu.

● Setelah semuanya sudah layu, matikan api kompor, sisihkan.

● Siapkan ulekan, lalu tumbuk cabe, bawang merah, bawang putih, bawang, merah, tomat, dan kemiri yang sudah digoreng. Tumbuk atau ulek sampai semuanya hingga halus seperti sambal.

● Jika sudah halus, garam, gula, penyedap, terasi dan gula merah. Lalu tumbuk atau ulek lagi sampai semua bumbu tercampur dengan rata.

● Lalu, goreng kembali sambalnya menggunakan wajan bekas penggorengan tadi. Goreng sambal sampai benar-benar matang, ini bertujuan agar sambal bisa tahan lama atau awet tanpa pengawet.

● Sambal Lamongan siap disajikan, Anda bisa menyantapnya dengan ayam goreng, lele goreng, dan lain-lain. (jp/raksul)

  • Bagikan