Simak 9 Makanan Selenium untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anda!

  • Bagikan
Foods High in Selenium as brasil nuts, tuna, shrimps, beef, liver, chicken meat, mushrooms, pumpkin seeds, sunflower seeds, buckwheat and eggs. Top view

RAKYATSULSEL - Mineral selenium adalah pahlawan yang sering terlupakan dalam dunia nutrisi. Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil, perannya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari Times of India, Selasa (5/3), berikut 9 makanan super untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda:

1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung selenium, mineral yang berperan aktif dalam meningkatkan kekebalan tubuh dari sel kanker. Selenium berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang berperan dalam mengembangkan beberapa penyakit kronis. Selain itu, biji bunga matahari adalah sumber yang baik untuk senyawa tumbuhan yang bermanfaat, termasuk asam fenolik dan flavonoid yang juga berfungsi sebagai antikoksidan.

2. Kacang Brazil

Kacang ini adalah satu sumber selenium terbaik. Satu ons (sekitar 6 hingga 8 kacang) mengandung sekitar 544 mcg selenium.

3. Telur

Telur adalah sumber selenium yang mudah ditemukan. Selain itu telur juga mengandung banyak nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

4. Jamur

Jamur adalah pilihan yang cerdas untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda, dan ini berberhubungan dengan kandungan selenium yang terdapat dalam jamur.

5. Ikan

Ikan seperti tuna, sarden, dan salmon mengandung banyak selenium. Dalam 100 gram ikan tuna, terdapat sekitar 36.50 mcg selenium. Sementara ikan sarden dan salmon juga memiliki kandungan yang signifikan.

6. Kerang

JIka bosan dengan ikan, cobalah kerang dan kepiting. Kerang mengandung 0.20 mcg selenium per100 gram, sedangkan kepiting memiliki sekitar 44.50 mcg. Selain kata selenium, makanan laut juga mengandung protein dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh.

7. Ayam

Daging ayam kaya akan protein dan juga mengandung selenium. Jadi, jangan lupakan bagian dada ayam saat memasak.

8. Biji-bijian dan gandum

Gandum utuh dan biji-bijian seperti biji beras dan biji gandum juga mengandung selenium. Kalian bisa menambah makanan tersebut ke dalam menu diet untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

9. Daging merah

Bagi yang alerigi terhadap makanan laut, daging merah seperti sapi dan kambing adalah alternatif yang baik. Dalam 100 gram daging sapi, terdapat 37,65 mcg selenium. Pastikan memilih daging merah yang rendah lemak untuk manfaat optimal. (jp/raksul)

  • Bagikan