21 ABK Kapal Yuee Jaya 2 Belum Ditemukan Usai Dinyatakan Tenggelam, Basarnas Makassar Kerahkan KN Sar Kamajaya 104

  • Bagikan
Sejumlah anggota Basarnas dikerahkan ke lokasi tenggelamnya Yuee Jaya 2

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -- Proses pencarian terhadap 21 orang ABK Kapal Motor (KM) Yuee Jaya 2 yang dikabarkan tenggelam, Sabtu (9/3/2024) lalu, di sekitar 52 Nautical Mile (NM) dari Pelabuhan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, terus dilakukan oleh Basarnas Makassar bersama Tim SAR Gabungan lainnya.

Menurut informasi, KM Yuee Jaya 2 yang memuat 35 orang ABK terbalik saat berlayar dengan rute Muara Baru, Jakarta menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dimana dari 35 orang ABK jadi korban, 14 orang diantaranya sudah berhasil ditemukan. 12 orang ditemukan selamat dan 2 orang lainnya ditemukan sudah meninggal dunia. Masih banyaknya korban yang belum ditemukan, proses pencarian Basarnas dan Potensi Sar pun terus dilakukan hingga hari ini, Kamis (14/3/2024).

Bahkan Basarnas Makassar mengerahkan alut utama berupa Kapal Negara (KN) Sar Kamajaya 104, yang berangkat dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar menuju ke Perairan Selayar.

"Kami mengerahkan KN Sar Kamajaya 104 dari Makassar menuju ke perairan Selayar," kata Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel.

Selain itu, Mexianus menyebut, Basarnas Makassar juga menambah personel pencari kurang lebih 49 orang yang terdiri dari anggota Basarnas sendiri, ABK KN Sar Kamajaya 104 dan Tim Rescuer atau SAR gabungan lainnya.

"Ada sekitar 49 orang (Tim SAR yang diberangkatkan) yang dipimpin langsung oleh Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Makasar (Andi Sultan)," ujarnya.

Dijelaskan Mexianus, dalam pencarian ini KN Sar Kamajaya 104 dilengkapi dengan 2 Rigid Inflatable Boat (RIB) yang akan digunakan melakukan pencarian di sekitar lokasi area sesuai dengan sebaran aplikasi SAR Map milik Basarnas.

"Jadi nanti Tim tambahan akan memulai pencarian besok pagi dengan area pencarian di sebelah timur pulau Selayar menggunakan RIB KN Sar Kamajaya 104 dengan fokus mengikuti prediksi sebaran aplikasi SARMap," terangnya.

Proses pencarian saat ini disebut dilakukan oleh Basarnas Makassar dengan mengerahkan Personel Pos Sar Selayar menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) dan perahu nelayan.

"Semoga dengan tambahan alut dan personel, seluruh korban bisa segera kita temukan," harap Mexianus.

Terpisah, Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Makasar, Andi Sultan menambahkan, pergerakan KN SAR Kamajaya 104 mulai berangkat dari Pelabuhan Soekarno Hatta, siang tadi sekitar pukul 12.00 Wita. Diperkirakan akan tiba di Perairan Selayar sekitar pukul 02.30 Wita, atau Jumat (15/3/2024) dini hari.

"Lama perjalanan untuk menuju lokasi pencarian sekitar 15 jam lamanya. Sesampainya di sana, pergerakan besok (hari ini, red) kita akan memperluas wilayah pencarian di Taka Bonerate," ujar Andi Sultan.

Mengenai waktu pencarian para korban, Andi Sultan mengungkapkan pihaknya belum dapat memastikannya. Dikarenakan Basarnas Makassar terlebih dulu akan melihat kondisi di lapangan nantinya, mengingat kondisi cuaca yang masih kurang mendukung.

"Untuk perencanaannya nanti kita melihat apakah harus on board terus di KN Kamajaya dalam jangka waktu 7 hari pencarian atau seperti apa. Tentu kita akan lihat kondisi cuaca untuk keselamatan kita juga melihat apakah ada tanda-tanda atau tidak," jelasnya.

Sekedar diketahui, jumlah korban yang belum ditemukan masih ada sebanyak 21 orang dari 35 POB (Person On Board) dari Kapal Yuiee Jaya 2. Sebanyak 12 orang sudah ditemukan selamat terdampar di pulau Selayar dan ditemukan nelayan terombang-ambing di laut, sementara 2 lainnya ditemukan meninggal dunia.

Dua orang korban yang ditemukan meninggal dunia itu telah dimakamkan oleh pemerintah dan warga di TPU setempat dengan pertimbangan kondisi jenazah.

Berikut data fata korban selamat :

1.Dian kurniawan/Lakis alamat Magelang
2.Amirrulhak, Alamat Jawa Tengah kecamatan Wonokerto
3.M .Zaki Muntaha, Alamat Pekalongan Jawa Tengah
4.Waryen, Alamat Pekalongan karanganyar derto gam 6 jembatan Merah
5.Tahmid , Alamat Pekalongan
6.Amiluddin, Alamat Pekalongan
7.Adi bagus Panuntun, Alamat Pekalongan
8.Septo Guntoro, Alamat Pekalongan
9.Maulana dwi anggoro, Alamat: desa warulor, perumahan balai restu agung rt 7 rw 4 Kecamatan wira desa pekalongan Propinsi jawa tengah
10.Sun Hen Lakis/34 Tahun
11.Muzakkir Lakis
12.Amat Subechan

Sementara dua orang yang meninggal dunia belum diketahui identitasnya. (Isak/B)

  • Bagikan