Respon Cepat Tim SAR Brimob Bone Evakuasi Pohon Tumbang di Jalan Poros Bone-Makassar

  • Bagikan

BONE, RAKYATSULSEL - Tim SAR Brimob Bone menunjukkan respons cepat dalam evakuasi sebuah pohon yang tumbang di Desa Usa, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone pada Sabtu (23/03/2024) dini hari. Pohon berukuran besar tersebut menutup akses jalan poros Bone-Makassar, mengakibatkan kendaraan tidak dapat melintas.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, S.Sos., M.Si, langsung memberikan perintah kepada Tim SAR yang siaga 24 jam untuk segera menuju lokasi kejadian.

"Dengan ukuran yang cukup besar, pohon tersebut menghalangi jalan poros Bone-Makassar, oleh karena itu kami langsung melakukan evakuasi," ungkap Danyon Ichsan.

Setelah berupaya selama sekitar satu jam, tim SAR Brimob Bone, dibantu oleh warga sekitar, berhasil mengevakuasi pohon tumbang tersebut dengan menggunakan dua mesin chainsaw, parang, dan tali carmantel.

"Diduga pohon tersebut tumbang karena hujan disertai angin kencang, ditambah dengan kondisi batang pohon yang sudah lapuk," tambahnya.

Kompol Nur Ichsan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubagrenmin Satbrimob Polda Sulsel, juga mengingatkan masyarakat untuk segera melapor kepada Tim SAR Batalyon C Pelopor apabila terjadi kejadian darurat yang membutuhkan kehadiran Brimob.

"Sebagai bagian dari Bhakti Brimob kepada Masyarakat, jika terjadi kejadian yang membutuhkan peran Brimob, masyarakat diharapkan segera melaporkan kepada kami. Kami akan hadir di tengah-tengah masyarakat dengan cepat," pesannya.

"Iklim saat ini cukup ekstrim, sehingga kejadian seperti pohon tumbang dan bencana alam lainnya berpotensi terjadi. Oleh karena itu, saya mengimbau agar masyarakat tetap waspada, terutama ketika beraktivitas di luar rumah," tambahnya. (***)

  • Bagikan