PT Pelni Prediksi Puncak Arus Mudik di Sulsel Terjadi 6 April Mendatang

  • Bagikan
Loket Penjualan Tiket

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024, puncak arus mudik penumpang kapal laut diprediksi akan terjadi pada tanggal 6 April 2024 mendatang. 

General Manager PT Pelni Cabang Makassar, Jabir mengatakan peningkatan jumlah penumpang telah terjadi sejak tanggal 26 Maret 2024. 

Dalam sehari pergerakan kapal laut bisa mencapai tiga hingga empat kapal. Dengan jumlah penumpang sekali keberangkatan dapat membawa 600 orang hingga 1.400 orang tergantung dari tipe kapalnya. 

"Alhamdulillah ada yang 600 -700 orang di tanggal 26 Maret dan pada tangga 27-29 Maret sudah ada yang 1000 orang, 1200 orang dan 1400 orang. Sudah mulai ada peningkatan itu," ucap Jabir. 

Sedangkan, Jabir memprediksi untuk puncak arus balik pemudik pada tanggal 25 April mendatang. 

Ia menyebut di tahun ini antusiasme pemudik menggunakan kapal laut sangat tinggi. Hal itu, kata Jabir, dapat dilihat dari penjualan tiket kapal laut. 

Dalam dua hari tiket kapal laut sudah ludes terjual. Tak hanya itu, antusiasme yang ditinggi juga dikarenakan adanya program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN bertajuk "Mudik Asyik Bersama BUMN 2024". 

Di mana, untuk mudik gratis oleh Kementerian BUMN di Kota Makassar dilaksanakan oleh PLN dan Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin bekerjasama dengan PT Pelni. 

"Sangat antusias. Jadi alhamdulilah di tahun ini ada dua yang mengadakan mudik gratis," ucap Jabir. 

Sementara itu untuk tiket reguler, kata Jabir, masih tersedia dan akan dibuka kembali pada tanggal-tanggal tertentu. 

Pasalnya, untuk sebagian tiket khususnya keberangkatan tanggal 6 April telah habis terjual. 

Jabir mengungkapkan PT Pelni telah menyiapkan sebanyak 12 kapal untuk melayani penumpang selama arus mudik tahun ini. 

"Cuma ada beberapa kapal memang sudah selesai. Karena kita di sini memang 12 kapal persiapan mudik namun ada 2 belum keluar gardu. Mungkin minggu ini baru keluar yaitu Binaya sama Umsini," tutup Jabir. (Shasa/B)

  • Bagikan