Peringati Hari Bumi, SDN 47 Parepare Gandeng Rumah Ekologi Gelar Aksi Tanam Pohon

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Dalam rangka memperingati hari Bumi tanggal 22 April 2024, UPTD SD Negeri 47 Kota gParepare yang terdiri dari peserta didik, tenaga pendidik, dan kepala sekolah melakukan suatu kegiatan inovasi yang jarang dilakukan oleh satuan pendidikan yaitu melakukan penanaman pohon di lokasi pondok pesantren. Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan berdasarkan surat edaran dari pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan pemerintah Kota Parepare terkait peringatan Hari Bumi.

Tahun ini, UPTD SD Negeri 47 Parepare bermitra dengan salah satu komunitas penggiat lingkungan yaitu Rumah Ekologi Kota Parepare.
Bersama dengan komunitas Rumah Ekologi Kota Parepare, sekolah ini melaksanakan penanaman puluhan pohon di dua lokasi yang berbeda. Lokasi pertama penanaman pohon dilakukan di lingkungan sekolah sendiri untuk menciptakan suasana sekolah yang asri. Penanaman pohon di lingkungan sekolah dilakukan oleh peserta didik, para guru, dan kepala sekolah sendiri. Penanaman pohon ini dilakukan di depan sekolah.

Setelah melakukan penanaman pohon di lingkungan sekolah, para peserta didik beserta guru-guru bergerak menuju ke lokasi kedua yaitu Pondok Pesantren Bahrul Ulum yang terletak di Kecamatan Bacukiki Kelurahan Lemoe. Para siswa melakukan penanaman puluhan pohon di pondok pesantren ini dengan jenis pohon produktif yaitu pohon sukun yang harganya relatif mahal.

Sudirman Manda kepala UPTD SD negeri 47 kota Parepare menggandeng komunitas rumah ekologi kota Parepare untuk melakukan aksi penanaman pohon ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para peserta didiknya dalam mencintai lingkungan sejak dini sesuai visi misi sekolah.
"Alhamdulillah hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Bumi, kami mengajak kepada peserta didik kami untuk lebih mencintai lingkungan dengan melakukan penanaman puluhan pohon baik yang produktif maupun nonproduktif. Untukv pohon produktifnya kami fokuskan di lokasi pesantren untuk dimanfaatkan. Sedangkan untuk pohon nonproduktif kami pusatkan di lingkungan sekolah untuk menjaga keasriannya. Pihak sekolah juga sangat berterima kasih kepada komunitas Rumah Ekologi Kota Parepare yang telah membersamai kami dengan menyiapkan puluhan pohon-pohon produktif untuk menyukseskan kegiatan penanaman pohon ini." Tandas Sudirman Manda.

Apresiasi yang sama juga dingkapkan oleh Ketua Komunitas Rumah Ekologi Kota Parepare yang juga juga merupakan tenaga pendidik di UPTD SD Negeri 47 Kota Parepare, Sarah, S.Pd.
"Selaku Ketua Rumah Ekologi Kota Parepare sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kepala UPTD SD Negeri 47 Kota Parepare atas spirit dan kepeduliannya kepada lingkungan dan memberikan ruang kepada kami untuk berkolaborasi mengajak peserta didik terlibat langsung melakukan penanaman pohon di luar lingkungan sekolah yaitu di pondok pesantren." Ungkap Sarah. (*)

  • Bagikan