Unhas Panitia UTBK SNBT, Pastikan Kenyamanan Peserta Ujian

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Universitas  Hasanuddin (Unhas) selaku panitia penyelenggara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) memastikan keamanan dan kenyamanan para peserta ujian yang berniat menjajal universitas.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof drg Muhammad Ruslin menjelaskan, khusus tes SNBT tahun ini ada sebanyak 20.222 orang calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran dan mengikutintes.

"Ini hari kedua penyelenggaraan SNBT dan setiap harinya dibagi menjadi dua sesi tes. Untuk lokasi kita siapkan dua yakni di Kampus Unhas Tamalanrea dan Unhas Gowa dengan 21 lokasi dan 41 ruang ujian," ujar Prof Rusli dalam jumpa persnya di Ruang Senat 2 Fakultas Kedokteran Unhas, Kamis (2/5/2024).

Dari sisi keamanan, dirinya memastikan keamanan untuk mencegah kecurangan yang mungkin terjadi saat ujian.

"Untuk mengantisipasi  kecurangan misalnya pengguna joki, maka kami akan memperkuat. Dua tahun lalu ada yang memakai joki dan segera ditangani. Tahun lalu tidak ditemukan lagi joki dan tak ada kendala sebab telah mempersiapkan sedemikian rupa," pungkas Prof Rusli.

Lebih jauh, Prof Rusli juga memastikan tidak akan memfasilitasi, menerima dan menorerir segala bentuk kecurangan, termasuk untuk mahasiswa titipan.

"Kami juga bekerja sama dengan Telkom,l dan telah bersurat khusus serta meminta jaringan selama pelaksanaan SNBT. Jika ada kendala, para peserta bisa langsung bertanya ke panitia. Pihak keamanan juga memiliki upaya antisipasi  berupa metal detektor untuk mencegah remote kontrol dan membersihkan tiap-tiap terminal," tutupnya. (Hikma/B)

Ketgam: Konferensi pers Unhas terkait penyelenggaraan UTBK SNBT

  • Bagikan