Pj. Bupati Soroti Minimnya Kontribusi PT BLG Terhadap PAD Pinrang

  • Bagikan
Pj Bupati Pinrang, H Ahmadi Akil saat mengunjungi Perusahaan Pengolahan Rumput Laut PT Biota Laut Ganggang (BLG) di Kecamatan Suppa.

PINRANG, RAKYATSULSEL - Pj. Bupati Pinrang, H. Ahmadi Akil, SE, MM, menyatakan keprihatinannya terhadap kontribusi PT Biota Laut Ganggang (BLG) yang dinilai masih terlalu kecil terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pinrang. Hal ini disampaikan saat kunjungan ke perusahaan pengolahan rumput laut tersebut di Kecamatan Suppa, Selasa, 4 Mei 2024.

Menurut Pj. Bupati Ahmadi Akil, peningkatan PAD dari berbagai sektor sangat penting untuk memberikan dampak positif terhadap perkembangan ekonomi, terutama di Kabupaten Pinrang.

PT BLG, lanjut Pj. Bupati, yang merupakan salah satu perusahaan penghasil olahan rumput laut terbesar di Asia, seharusnya bisa memberikan kontribusi yang lebih besar.

"Oleh karena itu, saya berharap kontribusi dari PT BLG dapat ditingkatkan dari sektor-sektor lain sehingga dapat menambah PAD bagi Kabupaten Pinrang," ujar Pj. Bupati Ahmadi Akil.

Selain itu, Pj. Bupati Ahmadi Akil juga mendorong PT BLG untuk memanfaatkan dan memberdayakan petani rumput laut lokal dalam memenuhi kebutuhan bahan baku.

Ia menekankan bahwa dampak negatif dari kehadiran PT BLG di Kabupaten Pinrang harus diminimalisir, sementara kontribusi positif, seperti tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan program-program kemasyarakatan, harus terus ditingkatkan.

Di akhir penyampaiannya, Pj. Bupati Ahmadi Akil menegaskan pentingnya komitmen PT BLG dalam menjalankan industri hijau, memenuhi kebutuhan bahan baku dari petani lokal, dan membina para petani rumput laut di Kabupaten Pinrang.

Menanggapi hal tersebut, Direksi PT BLG yang menyambut langsung kedatangan Pj. Bupati Ahmadi Akil, mengungkapkan akan menanggapi setiap permintaan dari Pemerintah Kabupaten Pinrang.

Mereka berharap dapat menciptakan kondisi industri yang saling menguntungkan antara PT BLG, masyarakat, dan pemerintah Kabupaten Pinrang. (Amran)

  • Bagikan