Prodi Perjalanan Poltekpar Makassar Gelar Kuliah Umum Wirausaha Perjalanan Wisata 

  • Bagikan
Gelaran Kuliah Umum Pengembangan Usaha pada Bidang Perjalanan Wisata di Auditorium Soesilo Sudarman Kampus Poltekpar Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Prodi Perjalanan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menggelar kuliah umum bertajuk "Pengembangan Usaha pada Bidang Perjalanan Wisata" di Auditorium Soesilo Sudarman Kampus Poltekpar Makassar.

Dalam kegiatan ini, Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), Pauline Suharno hadir sebagai Dosen Tamu dengan peserta kurang lebih 150 orang mahasiswa dari Program Studi D3 Perjalanan Wisata dan Program Studi D4 Usaha Perjalanan Wisata.

Ketua Jurusan Perjalan, Buntu Marannu Eppang dalam sambutannya mengakatan kuliah umum ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha pada bidang perjalanan dengan menghadirkan seorang profesional di bidang perjalanan wisata sebaga narasumber. 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan praktis dan pengalaman langsung dari seorang profesional di bidang perjalanan wisata, yang diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan usaha di bidang perjalanan wisata" ujarnya.

Pauline Suharno dalam kuliah umum yang dibawakannya menyampaikan, dalam mengembangkan usaha perlu komitmen dan menjalani proses. Ada tiga aspek penting untuk mengisi diri agar berhasil yaitu mentality, attitude, never stop learning yang didukung oleh keluarga, tim kerja, kepemimpinan dan dukungan eksternal. 

"Dalam industri perjalanan kita harus kreatif dan inovatif untuk melihat produk yang potensial sesuai perkembangan pasar. Berusaha harus didukung dengan keikutsertaan kita dengan asosiasi perjalanan dalam negeri dan luar negeri karena kita mendapatkan benefit dan network dengan biro perjalanan lain yang menjual produk kita dan menjadi mitra bisnis," jelasnya. (Hikmah/A)

  • Bagikan