Danny Pomanto Berencana Gunakan Starlink untuk Optimalkan CCTV di Lorong Wisata

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, berencana memanfaatkan jaringan satelit Starlink untuk mengoptimalkan sistem CCTV di Lorong Wisata Kota Makassar. 

Keputusan ini diambil setelah beberapa CCTV di lorong-lorong tidak berfungsi akibat gangguan pada jaringan WiFi. "Saya bilang, hentikan saja WiFi kita dan gunakan Starlink supaya lebih kuat," ujar Danny Pomanto, sapaan akrabnya.

Menurut Danny, Starlink menawarkan teknologi terbaru dengan jangkauan lebih luas dan biaya lebih murah. 

Maka dari itu, Danny berencana akan melakukan pengadaan jaringan satelit Starlink di Makassar tahun depan. 

"Saya usahakan tahun ini pengadaannya. Jangkauannya lebih luas, lebih baru, dan lebih murah. Saya pikir, pakai itu saja," tambah Danny.

Apalagi, Danny menyebut saat ini Pemerintah Kota Makassar telah memiliki War Room baru di Makassar Government Center (MGC) untuk mengontrol seluruh aktivitas masyarakat di lorong melalui CCTV. 

"Dengan War Room baru ini, kita bisa mengontrol seluruh lorong," jelas Danny. 

Ia pun berharap dengan jaringan Starlink ini nantinya sistem IT di lorong-lorong dapat berfungsi optimal. Sehingga, masyarakat yang tinggal di wilayah yang terpasang CCTV akan bisa mengaksesnya melalui telepon genggam (Hp). 

"Kita bisa mengontrol anak-anak yang bermain di lorong melalui CCTV yang dapat dilihat lewat ponsel. Itulah kecanggihannya," tutup Danny.

Diketahui, Starlink merupakan proyek pengembangan konstelasi satelit yang dijalankan oleh SpaceX, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat. 

Tujuan dari proyek ini adalah untuk menyediakan sistem komunikasi internet berbasis satelit yang menawarkan performa tinggi dan harga yang sangat terjangkau. (Shasa/B)

  • Bagikan