Pemprov Sulsel Bakal Salurkan Bantuan KUBE dan UEP di Sidrap

  • Bagikan
Plt Kepala Dinsos Sulsel, Abdul Malik Faizal

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal salurkan Bantuan Hibah Barang di Kabupaten Sidrap, total nilainya ditaksir mencapai Rp2,7 miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinsos Sulsel, Abdul Malik Faizal mengatakan bantuan itu merupakan Bantuan Usaha Kelompok Bersama (KUBE) dan Usaha Ekonomi Kreatif (UEP) yang akan diberikan kepada 500 masyarakat.

Namun kata dia, saat ini program tersebut belum berjalan karena mesti melalui beberapa tahapan yang harus diselesaikan terlebih dahulu, terutama pada data penerima.

“Surat Keputusan (SK) calon penerima itu belum ditetapkan sehingga kami membuat surat ke inspektorat untuk dilakukan review calon penerima itu kalau itu sudah selesai baru kita bisa Salurkan,” ujarnya.

Ia mengutarakan, Kabupaten Sidrap menjadi tujuan bantuan tersebut sebab, selama ini daerah itu belum pernah menerima bantuan sejenis itu.

“Karena memang ini bergantian, Sidrap belum pernah dapat penyaluran ini sejak bantuan ini ada, tapi memang setiap tahun  satu atau dua kabupaten, kebetulan tahun 2024 ini sidrap,” jelasnya.

Ia membeberkan, program tersebut terbagi menjadi beberapa jenis kegiatan, seperti pendidikan skill pertukangan, calon dan beberapa jenis keterampilan lainnya.

“Nah setelah itu mereka diberikan bantuan dengan nilai peralatan itu masing-masing 5 juta per UEP, kalau KUBE 20 juta, tapi KUBE itu kelompok, 1 kelompok  10 orang. Jadi bentuk barang bukan uang,” paparnya, Senin (1/7/2024). 

Ia berharap bantuan itu mampu menjadi salah satu pemantik peningkatan perekonomian masyarakat Sulsel.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, salah satu peningkatan ekonomi masyarakat ialah dengan menghadirkan program padat karya bagi masyarakat pada semua sektor.

“Jadi jadi kalau padat karya semakin banyak, maka pendapatan masyarakat yang bekerja akan semakin meningkat,” paparnya. (Abu/B)

  • Bagikan