Perempuan Hebat Sulsel di Panggung Pilkada 2024

  • Bagikan
ILUSTRASI

Manajer Strategi dan Operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam, menilai peta politik di Pilbup Bulukumba masih dinamis. Apalagi dengan munculnya wajah-wajah baru yang mewarnai ketatnya persaingan, termasuk dua legislator perempuan.

"Jika dilihat, Isnayani punya modal kursi yang signifikan. Sekalipun belum cukup, kansnya untuk maju cukup terbuka," jelas Nursandy Syam.

Ia lebih dalam menganalisis potensi dan kans dua srikandi Bulukumba tersebut. Menurutnya, Isnayani dan Andi Soraya Widyasari memiliki kans yang baik untuk bertarung di Pilbup Bulukumba.

"Sama halnya dengan figur Andi Soraya, dengan perolehan enam kursi PKB di Pileg 2024 yang lalu, tentu memiliki nilai tawar yang tinggi dalam membangun koalisi dengan parpol lain," sambungnya.

Sedangkan Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus, menyatakan bahwa amat jarang pemimpin perempuan yang muncul dari Bulukumba dalam beberapa kontestasi terakhir.

"Saya pikir Pilkada 2024 adalah momen untuk mengorbitkan pemimpin perempuan agar ada penyegaran kepemimpinan di daerah ini," katanya.

Opsi pertama, kata Nurmal Idrus, bakal calon petahana Andi Muchtar Ali Yusuf kali ini bisa mencoba figur perempuan sebagai pendampingnya. Sehingga jika terpilih kembali, bisa meninggalkan warisan kepemimpinan di Bulukumba.

Pilihan pertama bagi Andi Utta, menurut Nurmal Idrus, adalah mengambil kader PKS yang selama ini setia bersamanya.

"Ini strategis karena PKS adalah pemenang pemilu 2024 di Bulukumba yang tentu saja akan menguntungkan posisi Andi Utta karena akan tercipta sinergitas bagus dengan legislatif karena ketua DPRD akan berasal dari PKS," tandasnya. (Yadi/C)

  • Bagikan