Jemaah Haji Wafat Embarkasi Makassar Menurun Tahun 2024 Ini.  

  • Bagikan
Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Ikbal Ismail saat diwawancara Rakyat Sulsel, Jumat (26/7/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSULSEL - Pemberangkatan Jemaah Haji tahun 2024 ini sudah usai. DI Sulawesi Selatan (Sulsel) jumlah jemaah haji wafat tahun ini sebanyak 35 orang dan lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun 2023 lalu, yang jumlahnya mencapai 69 orang 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Ikbal Ismail saat diwawancara Rakyat Sulsel, Jumat (26/7/2024).

Kata dia, untuk jemaah wafat tahun ini memang mengalami penurunan yang signifikan, sebab tahun ini mereka juga dilakukan tes kelayakan kesehatan untuk berangkat sebelum melakukan pelunasan biaya haji.

Apalagi kata dia, pihaknya juga dalam tahun ini mengedepankan layanan “One Stop Service” yang memberikan pelayanan tidak lebih dari tiga jam saat para jamaah haji memasuki asrama haji sudiang-Makassar.

“Alhamdulillah untuk proses pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji tahun ini kita terus lakukan pernbaikan, dan begitupun untuk tahun berikutnya,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan evaluasi untuk semua unsur yang terlibat dalam proses pemberangkatan dan pemulangan haji tahun ini.

Ia juga menyampaikan, terkait dengan proses pemberangkatan yang terdapat beberapa kendala begitu pun juga proses pemulangan haji yang terdapat delay yang tak sebentar pada beberapa kloter.

“Nanti kita akan rapat evaluasi untuk semua unsur yang terlibat dalam proses pemberangkatan dan pemulangan,” kuncinya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Kantor  Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel), Muhammad Tonang menyampaikan, sampai total jemaah haji asal Sulsel yang sudah diterima di Asrama Haji Sudiang 7,837 jemaah. Sebanyak 5.247 jemaah perempuan, dan 2.590 jemaah laki-laki. 

“Kalau jemaah haji yang berangkat dari embarkasi makassar, itu sebanyak 32 orang yang meninggal, sebanyak 32 orang meninggal di Tanah Saudi Arabia, tiga diantara meninggal di tanah air, Kalau khusus Sulsel itu sebanyak 12 jemaah haji yang meninggal” bebernya.

Ia melanjutkan, untuk embarkasi yang dipimpinnya itu tentu memberangkatkan jemaah yang berasal dari provinsi lain, dengan jumlah jemaah yang berasal dari luar Sulsel itu sebanyak 8.466 orang dengan 3.225 orang jemaah laki-laki, dan 5.241 orang perempuan.

Ia juga menyampaikan, jumlah petugas yang sudah berangkat dan mendampingi jemaah haji embarkasi makassar selama kurang lebih 40 hari itu sebanyak 161 petugas laki-laki dan 145 orang petugas perempuan.

“jadi total semua jemaah haji dan panitia sampai hari ini sebanyak 16.609, yaitu 5, 976 orang perempuan, dan 10. 633 orang perempuan. (Abu/B)

  • Bagikan