UI Tempati Ranking 1 Di Indonesia Versi Webometrics Juli 2024

  • Bagikan
UI menempati ranking pertama di Indonesia dan ranking delapan se-Asia Tenggara berdasar penilaian lembaga pemeringkatan global Webometrics Ranking of World Universities Edisi Juli. ILUSTRASI, Gedung Rektorat UI

RAKYATSULSEL - Universitas Indonesia (UI) menempati ranking pertama di Indonesia dan ranking delapan se-Asia Tenggara berdasar penilaian lembaga pemeringkatan global Webometrics Ranking of World Universities Edisi Juli.

Sejak 2020, UI menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang masuk dalam Top 10 Asia Tenggara pada Webometrics Ranking. Pada edisi kali ini, UI juga menduduki peringkat 103 Asia dan 540 global dari 31.000 lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia.

Prestasi itu menjadi yang terbaik dalam lima tahun terakhir. Sejak 2020, UI menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang masuk dalam Top 10 Asia Tenggara pada Webometrics Ranking. Pada edisi kali ini, UI juga menduduki peringkat 103 Asia dan 540 global dari 31.000 lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia.

Kenaikan peringkat UI pada Webometrics Ranking tentu memantapkan langkah UI untuk mencapai posisi itu. Selain itu, kenaikan peringkat UI merupakan langkah nyata untuk menjadi guru bangsa dan institusi unggulan di Asia.

Pemeringkatan Webometrics yang dilakukan dua kali dalam setahun —yakni bulan Januari dan Juli— dengan menilai keakuratan website dengan kinerja universitas. Webometrics menetapkan tiga indikator penilaian, yakni visibility (50 persen), transparency (10 persen), dan excellence (40 persen).

Melalui tiga indikator tersebut, UI dinilai berdasar komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional, serta hubungan universitas dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi. Hingga menetapkan UI sebagai Universitas terbaik pertama di Indonesia dan terbaik ke 8 se-Asia Tenggara.

  • Bagikan