Tips Agar Baterai Hp Awet Saat Perjalanan Jauh

  • Bagikan
Ilustrasi. Cek cara bikin baterai hp selalu 'on' saat perjalanan jauh. (iStockphoto/turk_stock_photographer)

RAKYATSULSEL - Ponsel atau hp menjadi alat penting buat penunjuk jalan, pengecek kondisi lalu lintas dan cuaca, hingga teman mengatasi kebosanan di tengah perjalanan jauh mu. Bagaimana cara menghemat baterai agar terus 'on' sepanjang jalan?
Saat ini banyak solusi untuk mengisi baterai di perjalanan, seperti power bank atau port pengisian daya di mobil. Port pengisian daya bahkan saat ini tersedia di kendaraan umum seperti kereta api dan bus.

Namun, jika solusi-solusi tersebut tidak tersedia, Anda harus menghemat penggunaan baterai agar tetap bisa memakai ponsel hingga sampai di tujuan.
Kapasitas baterai dalam ponsel sangat beragam. Semakin besar kapasitas baterainya, maka semakin lama waktu penggunaan yang diberikan.

Ada banyak faktor yang membuat baterai hp cepat habis, mulai dari penggunaan aplikasi hingga koneksi internet. Namun jangan khawatir, sebab ada cara menghemat baterai yang dapat Anda aplikasikan dengan mudah.

Berikut beberapa cara menghemat baterai ponsel:

  1. Aktifkan mode hemat daya

Anda dapat mengaktifkan mode hemat daya untuk mengurangi konsumsi baterai. Namun, fitur ini tentu mengurangi fungsi-fungsi pada ponsel.

Ponsel akan membatasi kecepatan mesin dan menurunkan kecerahan hingga tingkat tertentu untuk menekan konsumsi daya.

  1. Gunakan mode pesawat

Mode pesawat bisa menjadi opsi lain untuk menghemat baterai. Mode pesawat menghilangkan koneksi internet yang dapat menguras baterai HP.

Dengan mengaktifkan fitur ini, HP Anda otomatis akan berada dalam kondisi offline.

Artinya, Anda hanya bisa melakukan aktivitas di ponsel yang tidak membutuhkan koneksi internet, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film yang sudah diunduh.

  1. Kurangi kecerahan layar

Kecerahan layar menjadi salah satu bagian yang menguras baterai. Semakin terang layar, maka semakin besar konsumsi baterainya.

Maka dari itu, membuat layar lebih redup akan membuat konsumsi baterai lebih hemat.

Anda juga dapat menonaktifkan kecerahan otomatis. Pasalnya, fitur ini memang dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan tetapi juga dapat membuat layar jadi cerah berlebihan.

  1. Hindari aplikasi di latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang tetap mengonsumsi baterai, bahkan ketika tidak digunakan. Oleh sebab itu, tutup aplikasi ketika tidak digunakan.

Beberapa ponsel juga menyediakan fitur untuk melakukan optimisasi pada aplikasi tertentu yang Anda tandai agar tidak berjalan di latar belakang ketika tidak digunakan.

  1. Matikan GPS

Selain kecerahan layar, fitur GPS yang berfungsi memberikan lokasi ponsel ke sistem juga mengurasi baterai. Dengan demikian, mematikan fitur ini akan bisa menghemat baterai ponsel Anda.

Untuk perangkat Android, Anda bisa mematikan fitur GPS pada shortcut di Status Bar atau Notification Bar.

  1. Aktifkan dark mode

Apabila HP Anda menggunakan layar AMOLED, penggunaan latar belakang gelap dapat mengurangi konsumsi baterai.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab makin banyak piksel hitam atau gelap, makin sedikit daya yang diperlukan. Anda juga dapat mengaktifkan mode malam untuk alternatif cara menghemat penggunaan baterai.

  1. Kurangi penggunaan kamera

Mengabadikan perjalanan bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, penggunaan kamera yang berlebihan dapat menguras baterai.

Maka dari itu, Anda perlu membatasi penggunaan kamera pada ponsel agar konsumsi baterainya hemat.

  • Bagikan