Pakar Politik Unhas Beber Alasan Andi Sudirman Jadi Primadona Partai Politik

  • Bagikan
Andi Sudirman Sulaiman

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman - Fatmawati Rusdi seolah menjadi magnet partai politik untuk mengusungnya di Pemilihan Gubernur Sulsel 2024.

Pasangan yang mengusung slogan Andalan Hati itu disebut-sebut telah mengamankan 5 partai politik dari 10 parpol yang menempatkan wakilnya di DPRD Sulsel.

Parpol tersebut adalah Nasdem (17 kursi), PAN (4 kursi), Demokrat (7 kursi), Gerindra (13 kursi), dan Golkar (14 kursi).

Sehingga pasangan tersebut hampir pasti mengantongi 55 kursi dari total 85 kursi di DPRD Sulsel.

Belakangan PKS (7 kursi) juga memberi sinyal akan merapat ke pasangan ini.

Salah satu perhitungan partai politik adalah tingginya popularitas dan elektabilitas Andi Sudirman yang setelah sebelumnya menjabat Gubernur Sulsel periode 2021-2023. Ia pun dinilai sebagai salah satu Gubernur yang kuat membangun infrastruktur.

Komitmennya itu dibuktikan dengan kerja-kerja nyata yang dilakukan semasa menjabat. Baik di sektor infrastruktur, sektor pariwisata, sektor pertanian, sektor perikanan dan kelautan, serta lainnya.

Dalam kurun waktu dua tahun lebih menjabat, Andi Sudirman mampu mengambil hati masyarakat dengan komitmen nyata yang ditunjukkan. Terlebih, pria yang akrab disebut Andalan ini pun dikenal dekat dengan semua tokoh lapisan masyarakat.

Beberapa pembangunan yang telah dilakukan dengan hadirnya Jembatan Andalan Pacongkang di Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng. Jembatan ini menjadi jembatan pelengkung rangka baja terpanjang yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Jembatan itu memiliki panjang bentang pada bagian tengah 128 meter, bentang kiri kanan masing-masing 25 meter sehingga total bentang jembatan memiliki panjang 180 meter dan lebar tujuh meter dengan trotoar kiri kanan masing-masing satu meter.

Jembatan ini menggantikan jembatan gantung kayu yang sudah berusia 30 tahun dan sangat tidak aman bagi pengendara.

  • Bagikan