Dinas Kominfo Selayar dan USAID Erat Kolaborasi Tingkatkan Respons Pengaduan Publik Lewat SPAN LAPOR!

  • Bagikan
Technical Assistance untuk meningkatkan kualitas pengaduan dan respons terhadap pengaduan pada kanal Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL – Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian melalui Bidang Humas, Informasi, dan Komunikasi Publik Kabupaten Kepulauan Selayar bekerja sama dengan USAID Erat mengadakan Technical Assistance untuk meningkatkan kualitas pengaduan dan respons terhadap pengaduan pada kanal Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

Technical Assistance ini berlangsung di Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (21/8/2024), dan dihadiri oleh Kadis Kominfo SP, Drs. Ahmad Yani, didampingi Kabid Humas IKP, Andi Sandra Esty Abriany, S.E., M.M., serta para simpul unit layanan dan admin SP4N Lapor dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sementara itu, narasumber yang hadir secara daring adalah Rosikin, S.Si., M.M., dari Kementerian PANRB, serta tim fasilitator USAID Erat yang terdiri dari Sad Dian Utomo, Sarwan, dan Baharuddin Solongi, yang memandu kegiatan tersebut.

Sarwan dari USAID Erat, yang hadir sebagai host, menyebutkan bahwa pertemuan ini lebih fokus pada peningkatan kualitas sembari mengejar kuantitas pelaporan melalui kanal SP4N Lapor. Dalam keterangannya, Sarwan menjelaskan bahwa perkembangan aduan, aspirasi, dan permintaan informasi melalui kanal SP4N Lapor sangat signifikan.

Meski demikian, menurutnya, yang terpenting adalah bagaimana hasil tindak lanjutnya, sehingga pada akhirnya pelayanan publik semakin membaik. Oleh karena itu, Sarwan berharap agar pada tahun 2025, Dinas Kominfo dapat memasukkan penguatan SP4N Lapor! di Kabupaten Kepulauan Selayar ke dalam kebijakan penganggaran.

Sementara itu, Kadis Kominfo-SP Kepulauan Selayar, Drs. Ahmad Yani, memaparkan bahwa selama bekerja sama dengan USAID Erat, telah dilaksanakan empat kegiatan, yaitu lokakarya pemanfaatan peningkatan kapasitas pengelolaan kanal SP4N Lapor!, lokakarya dan pelatihan peningkatan penggunaan SP4N Lapor melalui pembentukan simpul layanan publik di Kabupaten Kepulauan Selayar, monitoring dan evaluasi peningkatan penggunaan SP4N Lapor! sekaligus pengukuhan simpul layanan publik SP4N Lapor, dan kegiatan yang sedang berlangsung yaitu Technical Assistance peningkatan kualitas pengaduan dan respons terhadap pengaduan pada kanal SP4N Lapor!.

"Saya sangat mengapresiasi USAID Erat atas dukungan dalam kegiatan ini, khususnya dalam pengelolaan aplikasi SP4N Lapor. Saya berharap agar kanal SP4N Lapor! dapat kita upgrade secara bertahap dan terus-menerus agar fungsinya dapat berjalan secara efektif dan efisien," ucap Ahmad Yani.

  • Bagikan