Berharap Nomor Hoki

  • Bagikan
Karikatur.

"Nomor urut bisa jadi simbol, tapi untuk mendapatkan suara, yang lebih penting adalah bagaimana calon tersebut memasarkan diri mereka, program-program yang mereka tawarkan, dan bagaimana mereka diterima oleh masyarakat," pungkasnya.

KPU Sulsel dan Makassar Pilih Hotel Claro
KPU secara serentak telah menjadwalkan penetapan dan pengundian nomor urut calon kepala daerah di Pilkada 2024. Pengundian nomor urut dilakukan satu hari setelah pengumuman penetapan pasangan calon kepala daerah, yakni 23 September 2024.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah mengatakan, KPU akan melakukan pengundian nomor urut pada, Senin 23 September 2024. "Jadi, tanggal 22 penetapan cakada. Sehari setelah ditetapkan paslon, KPU di daerah akan melakukan pengundian nomor urut pada 23 September 2024," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan Harian Rakyat Sulsel, KPU Provinsi dan KPU Kota Makassar, menetapkan lokasi pencabutan nomor urut peserta Pilgub dan Pilwali di Hotel Claro Makassar. Namun di ruangan yang berbeda. Pengundian nomor Pilwali dilakukan KPU Kota Makassar di Ruangan Pinisi, sedangkan untuk Pilgub dilakukan KPU Sulsel di ruangan Sandeq.

Tentu saja, lokasi ini akan ramai dipadati pendukung, simpatisan masing-masing tim paslon yang akan hadir menyaksikan pencabutan Nomor Urut KPU Makassar dan KPU Sulsel.

Hasbullah menjelaskan jika lokasi pengundian di Hotel Claro dipilih karena menganggap Kantor KPU Sulsel tak memadai jika massa yang hadir melebihi yang diperkirakan.

"Kami sudah bersurat termasuk beberapa kabupaten kota yang kami ikutkan dalam surat itu, meminta kebijaksanaan pimpinan KPU RI terkait dengan kondisi kantor tidak memadai, kemudian dari asesmen keamanan juga meminta sekiranya di luar (kantor KPU) yang lebih baik, dan Alhamdulillah KPU RI memberikan kebijakan untuk untuk melaksanakan pengundian nomor urut di masing-masing lokasi memadai dan luas," ujarnya.

Terpisah, Anggota KPU Kota Makassar, Sri Wahyuningsih mengakui jika sejak pekan lalu KPU sudah menjadwalkan untuk pengundian nomor urut paslon Pilwali Makassar di Hotel Claro.

"Jadi, pencabutan nomor urut di Hotel Calro jam 14.00 Wita. Nanti setelah KPU Sulsel pagi, KPU Makassar siang, ruang berbeda," singkatnya. (Yadi-Fahrul-Sasa-Isak/C)

  • Bagikan