Pindah Tugas ke Polda Sumsel, Irjenpol Andi Rian Doakan Sulsel Makin Maju dan Sejahtera

  • Bagikan
Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi Kunjungi Redaksi Harian Rakyat Sulsel, Senin (23/9). (Isak/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Kepolisian Sulawesi Selatan (Kapolda Sulsel), Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menanggapi dengan tenang mutasinya ke Sumatera Selatan (Sumsel) dua bulan sebelum Pilkada serentak 2024 berlangsung.

Menurutnya, perpindahan atau mutasi jabatan di lingkungan Polri adalah hal yang wajar dan rutin terjadi. 

"Ini mungkin yang kesekian kalinya saya sampaikan. Proses mutasi atau perpindahan jabatan di institusi seperti Polri adalah hal yang rutin," ujar Andi Rian saat diwawancara di kantor Harian Rakyat Sulsel, Senin (23/9/2024).

Alumni Akpol 1991 kelahiran Kota Makassar itu mengatakan, mutasi jabatan merupakan bagian dari dinamika karier di institusi Polri. Pemindahan tugas merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas). 

Sikap tenang yang ditunjukkan Andi Rian menjadi cerminan dari profesionalisme dan dedikasinya dalam menjalankan tugas di mana pun ditempatkan.

Adapun mutasi Andi Rian ke Sumatera Selatan tertuang dalam surat telegram (ST) Kapolri tertanggal 20 September 2024. Dimana jabatan Kapolda Sulsel akan di isi oleh Irjen Pol Yudhiawan.

"(Mutasi) Ini tujuannya untuk menjaga dinamika operasional kesatuan yang ada. Insyaallah, sudah keluar suratnya. Saya diberikan amanah untuk selanjutnya bertugas di Sumatera Selatan," tutur Andi Rian. 

Selama menjabat di Polda Sulsel kurang lebih 10 bulan, mantan Dirtipidum Mabes Polri ini dikenal masyarakat sebagai sosok pemimpin tegas dan berjiwa filantropi. Dalam banyak potret, Andi Rian tak segan turun langsung ke lokasi bencana berbaur dengan masyarakat yang terdampak.

Bahkan jenderal polisi berpangkat dua bintang itu terlibat langsung untuk mengevakuasi masyarakat terdampak, seperti yang terlihat saat bencana alam tanah longsor dan banjir bandang di Kabupaten Luwu, beberapa bulan lalu.

Selain kegiatan-kegiatan kemanusiaan, selama menjabat, Andi Rian juga aktif melakukan bakti sosial. Mulai dari pembagunan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu, pembuatan sumur bor di sejumlah kabupaten untuk masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses air bersih, serta penyaluran makanan sehat bergizi untuk murid Sekolah Dasar (SD) di wilayah Sulsel. 

Bukan hanya itu, dalam beberapa kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan di Sulsel, Andi Rian ikut memberangkatkan umrah sejumlah penggali kubur hingga pemandi jenazah. Adapun kegiatan-kegiatan kemanusiaan ini nantinya disebut akan terus dilanjutkan di tempat tugasnya yang baru, yakni di Sumatera Selatan.

Tak lupa, Andi Rian berdoa agar Sulsel semakin maju dan sejahtera. "Saya tentu berharap doa dari saudara-saudara kita di Sulsel, mudah-mudahan apa yang sudah saya lakukan di Sulsel yang dinilai baik akan saya teruskan di tempat tugas yang baru nanti," tutur Andi Rian yang juga diketahui merupakan Ketua Umum IKA SMANSA 87 Makassar.

Untuk saat ini, Andi Rian mengaku sementara masih menunggu jadwal serah terima jabatan dari Mabes Polri. Dia kembali menegaskan jika pergantian jabatan di institusi Polri adalah hal yang biasa.

"Alhamdulillaah kita lagi menunggu perintah dari Mabes Polri kapan pelaksanaan serah terima. Tentu, sekali lagi saya katakan pergantian jabatan di Polri ini adalah hal yang biasa. Jabatan itu tidak ada yang abadi, pasti berganti," ungkapnya. (Isak/B)

  • Bagikan