Kandidat di Pilgub Sulsel Mulai Kampanye, Akademisi Unhas: Ajang Adu Program, Setop Jual Beli Janji

  • Bagikan
Ilustrasi Kampanye Akbar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Bakal calon Gubernur Sulsel, nomor urut 01 Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto-Azhar Arsyad, serta pasangan calon nomor urut 02 Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi, sama-sama mulai memasuki masa kampanye pada Rabu, 25 September 2024.

Berdasarkan PKPU Nomor 2 Tahun 2024, tahapan dan jadwal kampanye Pilkada 2024 dimulai pada 25 September 2024 dan berakhir pada 23 November 2024. Pelaksanaan kampanye ini berlangsung selama sekitar dua bulan.

Setelah masa kampanye, tahapan akan berlanjut dengan pemungutan suara hingga pengesahan pasangan calon terpilih. Pemilih dijadwalkan mencoblos pasangan calon kepala daerah pada 27 November 2024.

Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Iqbal Latief, menyarankan agar kedua pasangan calon lebih fokus menyampaikan program dan visi-misi mereka untuk pembangunan Sulsel selama masa kampanye.

“Dalam PKPU, materi kampanye memuat visi dan misi yang disusun berdasarkan rencana pembangunan jangka panjang daerah kabupaten/kota. Oleh karena itu, kita harapkan calon gubernur lebih menonjolkan program,” ujarnya pada Rabu (25/9/2024).

Menurut mantan Ketua KPU Sulsel tersebut, selain visi dan misi, program-program yang akan dijalankan juga harus disampaikan, baik secara tertulis maupun lisan.

“Kampanye adalah upaya untuk menarik dukungan masyarakat melalui pemaparan visi, misi, dan program,” tambahnya.

  • Bagikan