Program Pengembangan dan Kemandirian UMKM di Kota Parepare Jadi Fokus Utama Paslon Walikota dan Wakil Walikota ANH-TQ Jika Terpilih

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL — Program pengembangan dan kemandirian koperasi serta UMKM di Kota Parepare, menjadi program andalan Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare, ANH dan TQ.

Hal tersebut diungkapkan melalui juru bicaranya bidang Koperasi dan UMKM, Haedar Hasan,

Haedar menjelaskan, bajwa Koperasi adalah soko guru perekonomian nasional. ANH dan TQ memiliki program pemberian modal usaha tanpa bunga kepada koperasi dan pelaku UMKM.

"program ini bertujuan untuk menyehatkan koperasi, melalui pemahaman manajemen dan tata kelola yang lebih profesional. Selain itu, calon anggota dan anggota koperasi akan diberikan pendidikan berjenjang yang dibiayai oleh APBD dan dilatih oleh pelatih profesional, "jelas Haedar.

ANH dan TQ lanjut Haedar, juga berencana mengundang koperasi sukses dari daerah lain untuk berbagi pengalaman dan inspirasi kepada koperasi di Parepare.

Dalam menghadapi era otonomi daerah, katanya lagi, pasangan ANH-TQ berkomitmen kuat untuk mengupayakan agar koperasi dan UMKM di Parepare dapat berkembang dan bersaing di pasar regional, nasional, dan global.

"Fokus utama akan diberikan pada pemanfaatan potensi lokal, membangun jejaring yang lebih luas, serta meningkatkan SDM pengurus dan anggota koperasi serta pelaku UMKM, " tandasnya.

“Kita harus memanfaatkan letak strategis Parepare sebagai peluang terbesar bagi pelaku bisnis, mengingat kita tidak memiliki sumber daya alam yang luas seperti daerah lainnya,” sambungnya.

Meskipun tambahnya, Parepare memiliki jumlah UMKM yang cukup besar (sekitar 17 ribu) dan berada di urutan ke-3 di Sulawesi Selatan, tingkat pengangguran di kota ini masih tinggi.

Kendati demikian, ANH dan TQ berjanji untuk memberikan perhatian khusus pada masalah ini melalui pengembangan koperasi dan UMKM.

“Jika terpilih, ANH dan TQ komitmen akan fokus pada peningkatan kapasitas SDM dan produksi, pengembangan jaringan ke perbankan dan akses pasar, serta memberikan bantuan modal tanpa bunga kepada para pelaku UMKM, "pungkasnya.(*)

  • Bagikan