10 Tips Berhenti Mengumpat dan Berkata Kasar, Wajib Dibaca!

  • Bagikan
ilustrasi

Dengan memahami situasi ini, kamu bisa membantu dirimu dan orang lain untuk lebih tenang dan berpikir sebelum berbicara.

  1. Tentukan Apa yang Akan Kamu Lakukan
    Setiap orang memiliki batasan dan preferensi yang berbeda. Tentukan bagaimana kamu akan menghadapi situasi di mana kamu atau orang lain menggunakan bahasa kasar.

Apakah kamu akan mengingatkan mereka dengan halus, atau memberi contoh yang baik tanpa perlu berkata apa-apa?

Mengetahui tindakan apa yang akan kamu ambil akan membantu kamu tetap konsisten dalam menghadapi masalah ini.

  1. Pantau Kebiasaan Screentime, Musik, dan Penggunaan Internet
    Kebiasaan berbicara kasar sering dipengaruhi oleh apa yang kita lihat dan dengar. Pastikan kamu memantau apa yang kamu konsumsi, seperti film, musik, dan konten di media sosial.

Pilih konten yang memberikan pengaruh positif dan hindari yang terlalu vulgar atau kasar. Hal ini akan membantu kamu mengurangi paparan terhadap bahasa yang tidak pantas.

  1. Dukung Pilihan Bahasa yang Baik
    Dorong diri sendiri dan teman-temanmu untuk menggunakan bahasa yang baik. Berikan pujian saat kamu atau orang lain berhasil menghindari penggunaan kata-kata kasar.

Kamu juga bisa membuat permainan atau tantangan untuk tidak menggunakan bahasa kasar selama satu hari, seminggu, atau bahkan lebih lama. Dukungan positif ini akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

  1. Berikan Kekuatan dan Kendali yang Sesungguhnya
    Salah satu alasan orang menggunakan bahasa kasar adalah untuk merasa memiliki kekuatan atau kendali.

Cobalah memberi dirimu cara lain untuk merasa kuat dan berdaya, seperti mempelajari keterampilan baru, berbicara dengan percaya diri, atau terlibat dalam kegiatan positif.

Ketika kamu merasa memiliki kendali atas hidupmu, kebutuhan untuk menggunakan bahasa kasar akan berkurang.

Mengurangi kebiasaan berkata kasar bukanlah hal yang mudah, terutama jika itu sudah menjadi kebiasaan. Namun, dengan menerapkan tips di atas, kamu bisa belajar untuk menjaga bahasa tetap sopan dan positif.

Ingat, cara kamu berbicara mencerminkan siapa diri kamu. Jadi, mulai sekarang, yuk perbaiki cara bicaramu dan ciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan penuh hormat! (*)

  • Bagikan