DPR Segera Umumkan Jumlah Komisi Baru

  • Bagikan
Gedung DPR RI

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan segera mengumumkan susunan dan jumlah komisi baru pada Senin, 14 Oktober 2024.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, menyampaikan bahwa sebelum pengumuman, pimpinan DPR akan terlebih dahulu menggelar rapat bersama pimpinan fraksi untuk memastikan formasi komisi yang baru.

"Insya Allah pada tanggal 14 nanti, kami akan umumkan komisi baru," ujar Dasco pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Dasco juga menjelaskan bahwa rapat dengan pimpinan fraksi akan membahas pertambahan komisi. Dia berharap pembahasan ini dapat selesai pada 14 atau 15 Oktober.

"Setelah formasi alat kelengkapan dewan (AKD) dan komisinya jelas, pimpinan komisi dan AKD dari masing-masing fraksi juga sudah siap," tambahnya.

Alat Kelengkapan Dewan (AKD) terdiri dari berbagai badan, termasuk komisi, Badan Kehormatan, Badan Anggaran, Badan Legislasi, dan Badan Urusan Rumah Tangga.

Dasco mengungkapkan bahwa akan ada tambahan AKD, yaitu Badan Aspirasi Rakyat, sebagai bagian dari upaya memperkuat kinerja DPR.

Selain itu, anggota DPR Said Abdullah dari PDIP membenarkan adanya rencana penambahan komisi di DPR. Saat ini, DPR memiliki 11 komisi, dan rencana baru akan menambah dua komisi sehingga totalnya menjadi 13.

"Komisi baru ini sudah disepakati oleh semua fraksi," ungkap Said pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Dengan penambahan komisi, diharapkan kinerja DPR dalam menjalankan fungsi pengawasan, legislasi, dan anggaran akan semakin efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. (fin)

  • Bagikan