Kalimantan, Surga Baru Ibu Kota Negara

  • Bagikan

Plt. Direktur Regional II Bappenas, Mohammad Ruodo, mengatakan bahwa pemihakan dari daerah Timur belum cukup sukses, sehingga salah satu upaya bagaimana melakukan transformasi ekonomi, dan mengurangi kesejangan wilayah adalah dengan pemindahan IKN ke wilayah Timur.

“Pemerataan itu harus dengan benar-benar membangun pusat pertumbuhan baru yang nyata,” kata Ruodo, dikutip dari bisnis.com, Rabu, 2 Februari 2022.

Pemindahan IKN sudah mendesak karena wacana ini sudah berlangsung lama. Bahkan pada setiap era pemerintahan, wacana pemindahan IKN menjadi diskusi tanpa eksekusi. Barulah di era Presiden Jokowi, wacana ini tak lagi menjadi wacana, melainkan sudah dieksekusi dengan terbitnya UU IKN tentang Ibu Kota Negara.

Kompleksitas permasalahan yang kian dirasa warga Jakarta, seperti persoalan polusi, kriminal, sampah, banjir, dan seabrek persoalan lainnya menyebabkan warga kurang nyaman, sehingga solusi pemindahan IKN dirasa tepat. Mari kita menanti kepingan “surga” di ibu kota negara yang baru. (*)

  • Bagikan