Serahkan Sertipikat PTSL, IDP: Alhamdulillah Luwu Utara Progresnya Paling Bagus se-Sulsel

  • Bagikan
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani

LUWU UTARA, RAKYATSULSEL - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP) kembali melakukan penyerahan Sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kelurahan Bone Tua dan Desa Lantang Tallang Kecamatan Masamba, Kamis, 02/06/2022, di Pelataran Kantor Bone Tua Kecamatan Masamba dan Pelataran Kantor Desa Lantang Tallang.

Kegiatan ini juga dihadiri Camat Masamba Ajie Saputra dan Kepala Desa Lantang Tallang Jasmir

Dalam laporannya, Lurah Bone Tua, Risnar pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah serta Kantor Pertanahan Kabupaten Luwu Utara, karena tahun 2022 Kelurahan Bone Tua mendapatkan jatah 1.250 bidang tanah untuk diuruskan sertipikat.

"Alhamdulillah hari ini, sertipikat yang dibagikan sebanyak 99 sertipikat dan jelas dengan adanya sertipikat hak kepemilikan secara hukum itu sudah jelas. Semoga program PTSL ini diharapkan mencapai target dengan kerjasama dan antusias masyarakat untuk mengurus sertipikat," ungkap Risnar.

Sementara Kasi Pertanahan, Kantor Pertanahan Luwu Utara, Hamzah, SH mengapresiasi antusiasme masyarakat dan Pemkab Lutra, untuk mengurus PTSL sehat di Kabupaten Luwu Utara.

Adapun bidang tanah yang sudah terukur saat ini, lanjutnya, telah mencapai kurang lebih 8.000 dan kurang lebih sekitar 15.000 pemilik yang sudah terukur.

"Jadi tahun 2022 ini sudah sekitar 8.000 sertipikat, untuk tahun 2023 mungkin akan terus bertambah. Saya juga laporkan untuk PTSL di Desa Lantang Tallang ini targetnya adalah 360 bidang tanah, dan sampai hari ini sudah selesai sebanyak 150 bidang, dan hari ini akan kita bagikan 50 sertipikat selebihnya akan menyusul," jelas Hamzah.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dalam sambutannya pun menyampaikan selamat kepada bapak/ibu yang telah dan yang akan diberikan sertipikat tanahnya.

Dijelaskannya bahwa, tahun 2022 ini ada 8.000 sertipikat yang akan dibagikan ke 10 desa atau kelurahan yang ada di Kecamatan Masamba.

"Ini adalah bagian dari program kotaku sehat atau kota lengkap, karena kita punya cita-cita mudah-mudahan Kota Masamba ini menjadi ibukota Kabupaten Luwu Utara sebagai kota lengkap pertama di Sulsel. Kita juga bersyukur pemerintah pusat melalui Kementrian ATR/BPN hingga jajarannya ke bawah memberikan dukungan yang besar," ujar IDP.

Menurut Indah, dari 24 kab/kota di Sulsel untuk kinerja terbaik hingga saat ini yaitu PTSL, termasuk juga PSN atau proyek strategis nasional adalah Kabupaten Luwu Utara.

"Alhamdulillah dari 24 kab/kota di Sulsel, Luwu Utara progresnya yang paling bagus, bahkan secara nasional untuk proyek pengadaan lahan project strategis nasional kinerja ATR/BPN Luwu Utara juga yang terbaik. Jadi saya minta tolong kepada kepala lingkungan atau dusun kalau ada datanya belum lengkap, segera dibantu warganya agar target kita tahun ini bisa dibagikan semuanya," ungkapnya.

Indah Putri Indriani pu menyampaikan terima kasihnya kepada pihak Kantor Pertanahan Luwu Utara, atas dukungan dan kerja-kerja mereka dalam mencapai target PTSL di Luwu Utara.

"Saya tahu persis tidak mudah di era yang sudah berubah dibutuhkan percepatan dan target yang luar biasa," tandasnya. (*)

  • Bagikan