Kerja Sama Bapanas, Wajo Kirim Produksi Cabai ke Berbagai Daerah di Indonesia

  • Bagikan
Bupati Wajo Amran Mahmud Tinjau Kebun Cabai

"Apalagi jika dikembangkan dengan konsep pertanian terpadu yang merupakan salah satu program prioritas Bapak Bupati (Amran Mahmud) dan Bapak Wakil Bupati (Amran). Kombinasi tanaman cabai bersama beberapa komoditas lainnya ini tentu akan meningkatkan produktivitas pertanian serta meningkatkan perekonomian masyarakat. Kita juga tidak perlu takut karena permintaan akan cabai terus meningkat," tukasnya.

Dilansir dari Antara, Kepala Bapanas/NFA, Arief Prasetyo Adi, sebelumnya mengatakan Bapanas akan memfasilitasi pendistribusian cabai rawit merah dan bawang merah dari wilayah surplus ke wilayah defisit.

Ini dilakukan sebagai sebagai upaya stabilisasi harga komoditas pangan, khususnya cabai rawit merah dan bawang merah.

Komoditas pangan cabai merah keriting mengalami kenaikan dengan rata-rata nasional Rp61.217 per kilogram, cabai rawit merah Rp78.250 per kilogram, dan bawang merah Rp45.122 per kilogram, bahkan komoditas cabai di harga eceran tembus Rp95.000 per kilogram hingga Rp100.000-an per kilogram.

Sumber cabai rawit merah yang harganya paling murah saat ini ada di Sulsel dengan harga di tingkat petani kisaran Rp50.000 - 55.000 per kilogram.

Bapanas akan memfasilitasi distribusi logistik untuk suplai pasokan cabai dari petani atau gabungan kelompok tani (Gapoktan) asal Wajo ke pasar induk di Jakarta dan sekitarnya, antara lain Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Induk Tanah Tinggi, dan Pasar Induk Cibitung. (*)

  • Bagikan