Pilih Villa, Hotel atau Resort? Ini Karakter Yang Membedakan Ketiganya

  • Bagikan
ilustrasi

RAKYATSULSEL - Kamu sering dipusingkan dengan sejumlah istilah tipe akomodasi yang banyak ditawarkan sejumlah agen perjalanan online maupun offline? Tenang, kamu tidak sendirian. Faktanya, ada banyak orang yang masih bingung menentukan tipe akomodasi untuk dipilih, apakah hotel, villa atau resort. Padahal, Traveloka memiliki produk Holiday Stays, yang menawarkan hotel, villa maupun resort sebagai pilihan akomodasi liburan dan staycation. Bila tidak mengetahui karakter masing-masing tipe akomodasi tersebut, bukan hal yang mengejutkan jika kamu bisa membuat keputusan yang kurang tepat terkait akomodasi pilihan.

Traveloka memang memiliki produk terbaru, Holiday Stays, yang merupakan pembaruan dari produk sebelumnya, Villa and Apartment. Melalui produk terbarunya ini, Traveloka menawarkan pilihan tipe dan jenis akomodasi yang jauh lebih lengkap, seperti villa, apartemen, penginapan, guest house atau homestay, glamping dan resort.

Namun, untuk bisa menentukan pilihan akomodasi yang tepat, kamu harus bisa membedakan karakter dari masing-masing tipe dan jenis akomodasi itu sendiri, dalam hal ini villa, hotel dan resort. Untuk mengetahui lebih lengkap perbedaan karakter ketiganya bisa dilihat di bawah ini!

  1. Hotel dan Karakternya
    Hotel bisa dikatakan akomodasi yang paling banyak tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Jenis akomodasi ini juga menjadi salah satu yang paling mudah diidentifikasi, karena bangunan hotel yang identik dengan gedung bertingkat dan memiliki luas area yang besar, serta jumlah kamar yang banyak.

Hotel juga memiliki standar yang diaplikasikan dalam bentuk bintang. Hotel dengan bintang satu memiliki kriteria, yang pastinya tidak lebih baik dari hotel bintang dua, dan seterusnya. Tentunya, dengan semakin tinggi bintang hotel tersebut, fasilitas dan layanan yang ditawarkan semakin lebih baik dan lebih lengkap.

Akomodasi bertipe hotel juga kini bergeser menjadi beberapa jenis, mulai dari boutique hotel, budget hotel bahkan hotel kapsul, yang bergaya futuristik untuk hunian dalam bentuk kapsul yang minimalis.

  1. Resort dan Karakternya
    Resor menjadi pilihan akomodasi yang identik memiliki harga mahal. Bukan hanya karena fasilitasnya yang keren, resor biasanya menawarkan pemandangan dan nuansa yang alami. Lokasi resor juga biasanya berada di tempat-tempat yang menawarkan pesona alam. Unsur rekreatif memang menjadi daya tarik utama dari resor.

Akomodasi berjenis resor ini biasanya memiliki fasilitas yang super lengkap. Dengan tujuan awalnya sebagai tempat tinggal sementara tamu selama liburan, resor pun menawarkan berbagai kemudahan dan fasilitas hiburan yang mendukung tamu untuk tetap di properti. Fasilitas tersebut bisa dari restoran, kolam renang, layanan spa, pusat kebugaran dan masih banyak lagi lainnya. Tidak heran, dengan layanan dan fasilitas yang dimiliki, resor identik sebagai akomodasi dengan harga yang relatif mahal.

  1. Villa dan Karakternya
    Jenis penginapan lainnya yang memiliki karakter tersendiri adalah villa. Yang ditawarkan dari akomodasi bertipe villa adalah kenyamanan, ketenangan dan privasi. Untuk lokasi, biasanya villa juga berada di tempat yang tersembunyi, memiliki nuansa yang alami.

Villa juga menjadi pilihan akomodasi di mana tamu bisa mendapatkan ruang personal tersendiri, tidak seperti hotel atau resort yang harus berbagi ruang publik dengan tamu lainnya. Biasanya, fasilitas yang dimiliki villa memungkinkan tamu bisa beraktivitas secara mandiri, termasuk dalam urusan memasak dan untuk mendapatkan hiburan.

  • Bagikan