Hore! Rute Balikpapan-Toraja Resmi Dibuka

  • Bagikan

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Setelah sempat mengalami penundaan penerbangan perdana rute Balikpapan-Toraja di bandara Buntu Kunik atau Toraja Airport, akhirnya penerbangan perdana rute tersebut berhasil mendarat dengan aman pada, Jumat, 7 Oktober 2022 dengan menggunakan pesawat Wings Air Atr 72-600, di Toraja Airport buntu kunik kecamatan Mengkendek kabupaten Tana Toraja (Tator).

Pelaksanaan perdana tersebut dihadiri wakil bupati Toraja Utara (Torut), Frederik Victor Palimbong, Penjabat (Plt) Sekda Tana Toraja (Tator), Sulaiman Malia, Kepala Bandara Toraja, Agus Nur Cahyo dan OPD terkait.

Menurut Airport Manager Wings Air Toraja, Threson Valentino bahwa dalam penerbangan perdana rute Balikpapan-Toraja dengan jumlah penumpang 29 orang dan untuk rute Toraja-Balikpapan yang membawah penumpang sebanyak 28 orang dan berhasil mendarat dengan aman. 

" Benar mbak, kemarin puji Tuhan berjalan lancar perdana Route baru Wings Air Balikpapan-Toraja-Balikpapan " beber Therson, Sabtu 8 Oktober 2022 via Watshaap.

Dijelaskan Therson bahwa rute tersebut untuk sementara akan dibuka 2 kali seminggu yakni setiap Jumat dan Minggu. 

Menurut kepala bandara Toraja, Agus Nur Cahyo bahwa kegiatan pembukaan rute baru (open new route) Balikpapan - Toraja adalah kerjasama antara Pemkab Tana Toraja dengan Airline.

" Harapan kami adalah dengan adanya new route Balikpapan - Tana Toraja akan menciptakan simpul baru transportasi udara sehingga dapat menunjang Toraja dan sekitarnya sebagai destinasi pariwisata dan menimbulkan multiplier effect untuk membangkitkan perekonomian di Toraja dan kabupaten sekitarnya " pungkas Agus.

Sementara itu, wakil bupati Torut, Frederik Victor Palimbong atau yang akrab disapa Dedy yang juga ikut dalam penerbangan rute Toraja Balikpapan mengatakan dengan terbukanya rute baru tersebut akan menambah konektivitas kedua bandara serta sangat menguntungkan diaspora Toraja, Luwu dan Enrekang yang berada di Kalimantan. Dan akan menunjang pariwisata Toraja.

“Kita semua sangat berterima kasih Gubernur Sulawesi Selatan, Pemkab Tana Toraja, kementerian perhubungan dan Wings Air atas segala upaya dan bantuan yang diberikan sehingga pembukaan rute dan acara inaugurasi bahkan ikut dalam penerbangan Toraja Balikpapan " kunci Dedy. (A)

  • Bagikan