Terlalu Banyak Makan Protein Bisa Bikin Gagal Ginjal!

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mengonsumsi protein terlalu banyak ternyata bisa membuat gagal ginjal. Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan mengatakan terlalu banyak mengkonsumsi protein dapat membuat ginjal sulit bekerja.

“Orang yang mengonsumsi terlalu banyak protein itu ginjalnya mengalami situasi yang berat untuk melakukan proses pencernaan," ujarnya, Rabu (19/10).

Ali memaparkan gagal ginjal akut adalah kondisi yang baru terjadi dan berlangsung dengan proses yang cepat. Sementara itu, gagal ginjal kronis, berlangsung secara perlahan dan lama seperti masalah stunting.

Dari sisi gizi, gagal ginjal bisa terjadi akibat konsumsi makan berlebihan khususnya yang memiliki kandungan protein tinggi.

Oleh karena itu, jika seseorang memiliki riwayat penyakit ginjal, harus lebih berhati-hati dalam memilih asupan makanan.

"Tapi itu kalau orang sudah mempunyai masalah. Jangan sampai kita mengatakan, 'Jangan makan protein nanti gagal ginjal.' Nanti keliru lagi, nanti anak-anak banyak stunting lagi," kata Prof. Ali.

Menurutnya, kunci dari menjaga kesehatan organ tubuh termasuk ginjal adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang memenuhi anjuran gizi seimbang.

"Jadi jangan berlebihan. Makanan itu kan kuncinya moderate is the best, yang sedang-sedang saja itu yang bagus, jangan kurang, jangan lebih. Itu insya Allah membuat kita menjadi lebih sehat," ujarnya. (GenPi/Raksul)

  • Bagikan