Wakil Rektor IV UMI Berkunjung ke Kediaman Syekh Bin Bayyah, Ulama Kharismatik di Abu Dhabi

  • Bagikan

ABU DHABI, RAKYATSULSEL - Wakil Rektor IV UMI, Dr.HM.Ishaq Shamad bersama sejumlah delegasi Indonesia dipimpin Prof.Alwi Shihab berkunjung dan silaturrahim dengan ulama kharismatik Abu Dhabi, Grand Syekh Bin Bayyah, Selasa (13/12), di rumah kediamannya di tengah Kota Abu Dhabi.

Syekh Bin Bayyah, seorang dai dan tokoh muslim terkemuka, Ketua Majelis Fatwa Uni Emirat Arab, Ketua Forum Penguatan Damai pada Masyarakat Muslim, Ketua Yayasan Al-Muwaththa’ di Abu Dhabi.

Ia termasuk salah satu dari 500 tokoh muslim berpengaruh selama periode 2009–2016, dan meraih penghargaan sebagai “Dosen Generasi Ini” dari Bahrain.

Saat ini Syekh Bin Bayyah mengajar di Universitas Raja Abdul Aziz di Arab Saudi.

Syekh Abdullah bin Bayyah lahir di Mauritania Timur pada 1935, tumbuh dan berkembang di lingkungan tradisi keilmuan dan keagamaan yang kuat. Ia juga dikenal kepakarannya di bidang fikih empat mazhab.

Syekh Abdullah bin Bayyah pernah menjadi wakil ketua Persatuan Ulama Internasional sebelum akhirnya mengundurkan diri pada 2013.

Pada pembukaan Internasional Interfaith Forum G20 di Hotel Anankara Eastern Mangrove, ia menyampaikan rasa senang dan hormat kepada seluruh delegasi yang hadir di IF20 ini.

Ia juga mengapresiasi delegasi Indonesia atas kedatangannya silaturrahim di kediaman pribadinya.

"Beliau mendoakan semoga delegasi Indonesia selamat kembali ke Indonesia dan dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya saling menghargai antar penganut agama di Indonesia, sehingga tercipta kedamaian (peace), sebagaimana Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat Islam untuk hidup damai (peaceful)," harapnya. (*)

  • Bagikan