Pantau Pasar Sumpang, Wali Kota Parepare Temukan 3 Jenis Komoditi Bapok Alami Kenaikan

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL - Walikota Parepare HM Taufan Pawe didampingi Kepala Dinas Perdagangan Prasetyo Catur, melakukan pemantauan di Pasar Sumpang Minangae.

Dalam pemantauan harga bahan pokok tersebut, juga turut mendampingi Kepala bagian Ekonomi Rudy, Camat Bacukiki, Fitriany, Sekretarid Dinas Perdagangan, serta Kepala UPTD Pasar, Rabu (28/12/2022).

Di Sela-sela pemantauannya sambil berdialog dengan para pedagang, Taufan menyempatkan berbagi dengan para pembeli maupun para pedagang.

Walikota Parepare Taufan Pawe usai melakukan pemantauan langsung, menyampaikan, bahwa sesuai hasil pantauan dan hasil berdialog langsung dengan beberapa pedagang, ditemukan harga beberapa bahan pokok mengalami kenaikan.

“Kami turun disini, saya mencoba melakukan pemantauan, dan ternyata ada tiga komponen bahan pokok yang cukup menonjol kenaikannya. Yaitu cabai rawit, beras dan telur ayam ras. Inilah saya coba pikirkan bersama kadis Perdagangan, PKP, dan juga bagian ekonomi untuk memikirkan, kemungkinannya pemerintah Kota Parepare akan mengintervensi dalam bentuk operasi pasar. saya ingin sekali mengendalikan harga-harga yang cukup tinggi, cukup signifikan kenaikannya untuk kembalikan ke normal,”terang Taufan.

Walikota dua periode ini pun menjelaskan, beberapa faktor penyebab kenaikan harga tiga jenis komoditi bahan pokok tersebut, dikarenakan cabai rawit yang cenderung rusak akibat cuaca yang ekstrem.

“Penyebab mereka menaikkan harganya, karena kondisi cuaca yang ekstrem mengakibatkan cabai rawit cenderung sebelum dipanen itu terjadi pembusukan. Jadi sangat terbatas ketersediaan, kalau kebutuhan lainnya seperti telur, memang kondisi pakan juga cukup mempengaruhi dan yang tidak kalah pentingnya juga kebutuhan masyarakat yang sangat melonjak di Natal dan Tahun Baru ini,”Jelasnya.

Ia berharap, ketersediaan dan harga bahan pokok bisa segera diatasi dengan meminta dinas terkait untuk mengintervensi melaksanakan operasi pasar, termasuk ketersediaan stok barang dari beberapa daerah mungkin dapat dikondisikan.(yanti)

  • Bagikan