BPBD Sulsel Terima Kunjungan Konjen Australia, Bahas Kerja Sama Mitigasi Bencana

  • Bagikan
Kalak BPBD Sulsel, Amson Padolo Paparkan Peta Daerah Potensi Bencana ke Konjen Australia. (A/Abu)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD), Provinsi Sulawesi Selatan menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, Jumat (20/1) kemarin.

Kepala Pelaksana (Kalal) BPBD Sulsel, Amson Padolo menyampaikan kunjungan dari Konjen Australia itu membahas tentang rencana kerja sama dalam mitigasi bencana.

Dia menuturkan, proses mitigasi bencana itu dilakukan dari hulu hingga hilir, yaitu dilakukan oleh pemerintah dan bagaimana ke tanggapan masyarakat dalam menghadapi bencana.

"Di hulu itu kan, pihak pemerintah Australia melalui koordinasi dengan pemerintah Indonesia dengan memberikan pendidikan kemasyarakat terkait kewaspadaan masyarakat dalam mengantisipasi bencana yang akan terjadi," tutur Amson, Sabtu, (21/1).

Untuk Provinsi Sulsel sendiri, kata dia, baru-baru ini terjadi bencana hidrometeorologi dan itu juga menjadi perhatian untuk lebih meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mitigasi.

Pertemuan kemarin, lanjut Amson Padolo, baru membahas rencana kolaborasi yang akan dilakukan dengan berdasar pada kerja sama yang dilakukan sebelumnya.

Ia memaparkan, rencana kerja sama antara Australia dan Pemprov Sulsel pastinya akan diatur melalui aturan antar negera. "Ini baru kunjungan untuk mendapatkan data saja, baru penjajakan," pungkasnya. (Abu Hamzah/Raksul/B)

  • Bagikan