Pj Bupati Takalar Gandeng UNICEF Gelar Workshop dan Bimtek Atasi Anak Putus Sekolah

  • Bagikan
Workshop dan Bimbingan Teknis Pasti Beraksi, yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Takalar, Jumat (27/1/2023).

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Penjabat (Pj) Bupati Takalar, Setiawan Aswad membuka Workshop dan Bimbingan Teknis Pasti Beraksi, yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Takalar, Jumat (27/1/2023).

Bimtek ini turut menghadirkan perwakilan USAID sebagai pemateri sebagai bentuk kerjasama dengan Pemkab Takalar untuk mengatasi masalah Anak Putus Sekolah dan Anak Tidak Sekolah (ATS).

Dalam sambutannya, Setiawan Aswad menyampaikan, bahwa ini langkah pertama menjadikan Takalar best practice dalam penanganan anak tidak sekolah dan PAUD di Sulawesi Selatan.

Ini menjadi sangat penting karena Takalar punya potensi dan masyarakat mendukung hal tersebut mulai dari pola pikir dan pola tindak mulai dari desa, kecamatan, kabupaten sampai provinsi hingga tingkat internasional.

"Oleh karena itu kita turut melibatkan lembaga internasional Unicef.  Karena Unicef dan JICA sudah bekerjasama menyusun PAUD Holistik Integratif (HI) ala Sulawesi Selatan. Dan kita lihat Takalar ini sangat potensial. Olehnya itu, saya sangat berharap kita bersama-sama mengakselerasi ini," jelas Setiawan.

Ketika Takalar menjadi best practice, lanjutnya, maka akan menggerakkan ekonomi kolaboratif yang turut menggerakkan roda perekonomian mulai dari transportasi, wisata, kuliner dan kebudayaan. 

"Kita juga sedang mempersiapkan tudang sipulung Takalar menuju Geopark Nasional yang akan kita gulirkan, kemudian dari sektor pendidikan momentum nya ada, bagaimana kita menuntaskan anak putus sekolah dengan melibatkan Forkopimda," kunci Setiawan Aswad. (*) 

  • Bagikan