Rest Area Jeneponto dan Sidrap Segera Beroperasi, Pemprov Sulsel Libatkan UMKM

  • Bagikan
Kadis Koperasi dan UMKM Sulsel Ashari Radjamilo Jadi Narasumber Bincang Pagi di Press Room Pemprov Sulsel, Selasa (7/2). (Abu/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Rest Area Kabupaten Jeneponto dan kabupaten Sidrap segera beroperasi, targetnya tahun ini sudah ada aktivitas.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan dua rest area ini ditarget rampung Februari. Bahkan, dirinya berharap sudah bisa langsung beroperasi sebab sisa penyelesaian gedung.

"Tahun ini kami targetkan di pertengahan bulan Februari ini sudah beroperasi semuanya, tinggal pembenahan finishingnya saja," tukas Ashari Fakhsirie Radjamilo, Selasa (7/2).

Ashar menambahkan, saat ini pihaknya tengah mendata jumlah UMKM dan BUMDES di masing-masing daerah tersebut. Jika ini berhasil, maka menjadi titik tumbuh ekonomi baru di Sulsel.

Ia melanjutkan, prioritas terhadap warga lokal dimasing-masing kabupaten itu dengan pertimbangan pemberdayaan yang bersifat Arif dengan budaya lokal.

"Itu harus orang berdomisili disana yang boleh masuk UMKM-nya, karena kita mau angkat kearifan lokal," ujarnya.

Termasuk, kata dia, biaya yang timbul dari adanya Rest Area akan menjadi tanggungjawab Pemprov Sulsel. Misalnya, retribusi bagi pelaku UMKM.

"Ada insentif yang diberikan bapak gubernur (subsidi retribusi) tidak seratus persen. Ini sementara yang kita godok," tuturnya.

Ia mengatakan, dengan hadirnya subsidi retribusi yang diberikan diharapkan mempengaruhi pendapatan bagi para UMKM meningkatkan dari kurangnya biaya pengeluaran.

Dia membeberkan potensi rest area saat ini meski belum diresmikan oleh pemprov namun telah menjadi salah satu objek swafoto bagi para milenial.

"Ini belum dibuka secara resmi oleh Gubernur tapi anak-anak muda sudah memanfaatkan itu untuk swafoto dilokasi ini karena memang viewnya bagus dan fasilitas yang bagus," pungkasnya. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan