Dorong Peningkatan Kapasitas Perempuan, IKWI Gowa Gelar Publik Speaking

  • Bagikan

GOWA, RAKYATSULSEL - Pendidikan memiliki peran penting dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, untuk mencapainya dibutuhkan guru yang memiliki yang terampil dalam melaksanakan tugas dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Sebagai organisasi kemasyarakatan yang dibentuk berdasarkan kekeluargaan pers, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kabupaten Gowa, terdorong untuk berperan serta meningkatkan kapasitas guru agar dapat mewujudkan pendidikan berkualitas dalam lingkungan belajar yang ramah anak.  

Kegiatan peningkatan kapasitas dilakukan melalui pelatihan Public Speaking for Teacher, yang dilaksanakan pada Selasa, 16 Februari 2023, di Aula Pusat Dakwah Muhammadiyah, Kabupaten Gowa.

Rangkaian acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, dilanjutkan dengan paparan materi tentang peran guru dalam mewujudkan proses belajar yang ramah anak, oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kawaidah Alham, S.Sos.,M.Si.

Kemudian dilanjutkan dengan materi public speaking, dan penerapannya dalam proses pembelajaran di kelas. 

Kegiatan difasilitatori oleh Founder Mahir Bertutur, Nur Amelia, SH yang juga sekaligus Ketua Ikatan Wartawan Indonesia (IKWI) Kabupaten Gowa. 

Sebanyak 37 peserta yang merupakan guru perempuan di Kabupaten Gowa, dengan peserta berasal dari level PAUD, TK, SD, SM dan SMU.

Peserta terjauh berasal dari Malakaji, sementara peserta lain dari Bissoloro, Bungaya, Talasapalang, Patalassang, Katangka dan berbagai daerah lainnya di Kabupaten Gowa. Beberapa diantaranya adalah kepala sekolah.

Seluruh peserta menyampaikan apresiasi dan senang telah mengikuti kegiatan ini, karena mendapatkan ilmu dan keterampilan baru yang sangat bermanfaat untuk diterapkan oleh guru saat mengajar.  Seperti materi artikulasi, intonasi, gestur, hal-hal yang perlu diperhatikan saat public speaking.

Suksesnya kegiatan ini didukung pula oleh Kaganga Coffee Shop, Wardah Beauty dan Garuda Food.

Ketua IKWI Gowa mengatakan, akan berkomitmen untuk terus mengambil peran dalam peningkatan kapasitas perempuan di Kabupaten Gowa, salah satunya dengan mengintensifkan pelaksanaan public speaking bagi perempuan dengan mensasar berbagai segmentasi dan kalangan. 

"Tidak hanya itu, program IKWI kedepan akan concern juga pada isu pemenuhan hak anak, dan ketahanan keluarga. Kehadiran IKWI diharapkan mewujudkan keluarga bahagia sesuai cita-cita Pancasila," tandas Ketua IKWI Gowa, Nur Amelia, SH.

Sementara salah seorang guru saat menyampaikan testimony di akhir kelas, katanya termotivasi untuk menerapkan keterampilan baru dalam mengajar peserta didik agar lebih professional.

“Saya akan terapkan Ilmu Public Speaking ini saat mengajar, kalau perlu diulang lagi bu pelatihan ini,” ujar Khaerani. (Dul)

  • Bagikan