PDIP Pede MK Kabulkan Pemilu Proporsional Tertutup

  • Bagikan
Sekjen PDIP Hasto Berikan Keterangan ke Awak Media, Senin (6/3)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel percaya diri atau pede jika Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengabulkan permohonan Partai Bulan Bintang (PBB) soal pemilu 2024 mendatang dilakukan dengan cara proporsional tertutup.

Bahkan partai berlambang bantaeng Moncong Putih ini satu-satunya parpol parlemen yang sepakat dengan pemilu proporsional tertutup.

"Mengingat peserta pemilu berdasarkan undang-undang 1945 adalah partai politik bukan orang perorang, itu sudah dibuka melalui jalur Pilpres dan jalur DPD," kata Sekertaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto saat ditemui di Kantor DPD PDI Perjuangan Sulsel, Jl Bawakaraeng Makassar, Senin (6/3).

"Kalau keputusan MK kita percayakan dalam mengambil keputusan dia merdeka, tidak boleh masuk kepentingan praktis," tambahnya.

Hasto menyebutkan PDIP berbicara kepentingan bangsa dan negara. Sehingga, anggota legislatif fraksi PDIP mengambil peran. Apalagi, mereka punya fungsi legislasi, punya fungsi anggaran, punya fungsi pengawasan dan representasi.

"Menjadi anggota dewan punya komitmen menyelesaikan permasalahan rakyat melalui keputusan politik," bebernya.

Hanya saja, kata dia, bagaimana mau membangun desain masa depan bangsa jika dengan berbasis popularitas. Bisa dilihat ketika terjadi dalam bencana, tak banyak hanya menunjukkan apa yang telah berbuat tapi tidak mencari solusi.

"Demokrasi elektoral yang berdasarkan proporsional terbuka itu juga berbiaya tinggi, basisnya individu sementara kita gotong royong dan akhirnya mendorong nepotisme," bebernya. (Fahrul/B)

  • Bagikan