Seluruh Warga Tercover, BPJS Kesehatan Akui Pemkab Bantaeng Sukses Soal Yankes

  • Bagikan
Mendagri Tito Beri Penghargaan ke BPJS Kesehatan

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengakui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng sukses dalam sektor pelayanan kesehatan (yankes).

Terlebih, Bantaeng meraih penghargaan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage UHC). Terhitung sejak Januari 2023, sebanyak 207.242 jiwa penduduk Bantaeng telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal itu dari total jumlah penduduk berdasarkan data Capil Semester I Tahun 2021 Ditjen Dukcapil Kemendagri 202.482 jiwa atau sebesar 102.35 persen.

"Artinya, seluruh warga masyarakat di Kabupaten Bantaeng telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba, Muhammad Ali, Rabu (15/3).

Seperti diketahui, wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba, meliputi lima daerah yakni Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar dan Sinjai.

Terpisah, Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin merasa bangga atas pencapaian UHC di daerahnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba yang telah bekerja keras
agar masyarakat Kabupaten Bantaeng bisa terjamin ke dalam Program JKN. Selain Pemda Bantaeng, Pemda Kabupaten Jeneponto juga sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage.

Terhitung sejak Januari 2023, sebanyak 399.736 jiwa penduduk telah terdaftar sebagai peserta JKN dari total jumlah penduduk 416.345 jiwa atau sebesar 96,1 persen. Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kabupaten Jeneponto telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses
layanan di fasilitas kesehatan. (Salahuddin/A)

  • Bagikan