Adnan Menguat Gabung PDIP

  • Bagikan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sinyal Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan bergabung dengan PDIP kian menguat. Meski demikian Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulsel, Rudy Pieter Goni (RPG) enggan berspekulasi lebih jauh soal hal tersebut.

Ketika disinggung soal Adnan bergabung bersama PDIP, apakah disiapkan pada pemilihan legislatif (Pileg) atau tidak. RPG menyatakan, teka teki tersebut akan terjawab saat penentuan komposisi caleg Partai Besutan Megawati Soekarnoputri untuk wilayah Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Kota Makassar pada 25-26 Maret mendatang.

"Tunggumi tanggal 25 dan 26 Maret. Karena ada 24 kabupaten/kota akan kita periksa bacaleg-nya. Semua dapil (setiap tingkatan) akan diputuskan. Ada juga beberapa tokoh bergabung," kata RPG saat ditemui, Senin, (20/3/2023).

Ketika dipertegas soal Bupati Adnan masuk komposisi bacaleg PDIP, RPG enggan berkomentar banyak. Ia beranggapan bahwa akan ada waktunya disampaikan ke publik.

"Tunggu saja. Akan ada waktunya," tutur Ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel ini.

Diketahui, penentuan komposisi Bacaleg PDIP DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di Sulsel akan dihadiri langsung elit pusat partai berlambang kepala banteng itu, yakni Arif Wibowo, Djarot Syaiful Hidayat, dan Hamka Haq.

Menurut RPG, meskipun sistem Pemilu belum jelas, apakah proporsional tertutup atau terbuka, tetapi pihaknya mulai memetakan untuk nomor urut setiap bacaleg.

Dalam proses pemberian nomor urut, kata dia, pihaknya melibatkan tim verifikasi dengan menghitung poin.

"Dibuat verifikasi untuk mengatur nomor urut. Jadi nomor urut ini ada prestasi, dedikasi dan loyalitas. Jadi berdasarkan poin," ujarnya.

Terpisah Ketua Bidang Kehormatan PDIP Sulsel, Ansyari Mangkona menyatakan, proses penentuan bacaleg tersebut sekaligus mengumumkan tokoh-tokoh yang bergabung PDIP.

"Rencananya seperti itu, nanti diperkenalkan. nanti disitu diliat," singkat Ansyari ketika disinggung soal kemungkinan Kepala Daerah aktif yang gabung PDI Perjuangan menghadapi Pileg 2024.

Sekarang informasi, Sekjen PDIP Hasto waktu bertandang ke Sulsel beberapa tokoh menguat bergabung dengan PDIP. Salah satu adalah Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam (Rektor UNM). Juga nama lain adalah Bupati Gowa, Adnan P IYL. (Suryadi/B)

  • Bagikan