Menyayat Hati, Kondisi YaYa si Panda Raksasa China yang Tak Terurus di Kebun Binatang Amerika

  • Bagikan
Panda YaYa yang kondisinya sangat memprihatinkan di Memphis zoo Amerika

Pada Desember 2022, Memphis Zoo mengumumkan kedua beruang tersebut akan dikembalikan ke China. Keduanya dijadwalkan akan dipulangkan pada April 2023 mendatang. Akan tetapi, sebelum sempat dipulangkan ke kampung halamannya, LeLe mati pada 1 Februari 2023. Hasil autopsinya menyebutkan bahwa LeLe mati akibat serangan jantung.

Setelah kematian LeLe, kondisi YaYa semakin memprihatinkan. Tak ada lagi sinar kehidupan di matanya. Banyak orang yang semakin simpati pada YaYa dan menuntut agar YaYa segera diselamatkan dan dipulangkan ke China.

Untungnya, konsultan ahli panda dari Kebun Binatang Beijing telah tiba di Memphis zoo pada 16/3/2023 bersama dokter hewan untuk memberi nasihat dan mengarahkan perawatan profesional untuk YaYa, yang bertujuan untuk memperbaiki kondisinya dari kerusakan fisik dan psikologis untuk mempersiapkan kepulangannya ke China.

Setelah kedatangan konsultan ahli panda dan dokter hewan, kondisi panda YaYa telah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ia telah dimandikan dan mendapatkan perawatan. Ia juga akhirnya mendapatkan bambu segar. Tempatnya pun sudah dibersihkan. Menurut kontrak yang diperpanjang, Yaya akan pulang pada 7 April. (*)

  • Bagikan