Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, Ditangkap dan Ditahan

  • Bagikan
Donald Trump, mantan Presiden Amerika Serikat

Sebenarnya, perjanjian uang tutup mulut bukanlah hal yang melanggar hukum di AS. Namun, jaksa Manhattan tengah menyelidiki apakah ada catatan bisnis yang dipalsukan dalam pembayaran tersebut.

Memalsukan catatan bisnis sendiri merupakan pelanggaran ringan menurut hukum New York. Bragg mendakwa Donald Trump dengan tuduhan kejahatan yang lebih serius dengan menyatakan bahwa catatan itu dipalsukan untuk menutupi kejahatan lainnya.

"Mengapa Donald Trump berulang kali membuat pernyataan palsu ini?" kata Bragg. "Bukti akan menunjukkan bahwa dia melakukannya untuk menutupi kejahatan yang berkaitan dengan Pemilu 2016," lanjut Bragg.

Meskipun dakwaan tidak menyebutkan kejahatan lain, Bragg mengatakan bahwa Donald Trump melanggar undang-undang pemilu New York dan undang-undang keuangan kampanye federal.

Sementara itu, Donald Trump mengatakan bahwa semua dakwaan dari Jaksa adalah palsu. Dia meyakini hal itu sengaja dimunculkan untuk menghalangi langkahnya di Pemilu 2024.

"Kasus palsu ini dibawa hanya untuk mengganggu Pemilu 2024 mendatang dan harus segera dibatalkan," tegas Donald Trump. (fajar)

  • Bagikan