Menjaga Berat Badan Saat Lebaran Agar Tetap Ideal

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL- Hari raya Idulfitri atau Lebaran, adalah hari yang paling dinantikan semua umat Muslim setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa. Umumnya, Lebaran selalu identik dengan kumpul bersama keluarga, sambil menyantap makanan khas seperti rendang, kue-kue manis, minuman sirup, dan lain sebagainya.

Akibatnya, tak heran bila banyak orang mengeluhkan peningkatan berat badan setelah menyantap makanan khas Idulfitri. Bila anda sering mengalami keluhan yang sama, jangan khawatir dan simak penjelasan berikut ini guna mengetahui tips menjaga berat badan di hari raya. Seperti yang dikutip fajar.co.id, melalui situs resmi Halodoc, Rabu (5/4/2023).

  1. Perbanyak Minum Air Putih
    Sering kali, ketika hari raya otak menjebak anda dengan memberi sinyal palsu sehingga mudah tertipu dengan rasa lapar yang muncul ketika melihat hidangan daging dan kue khas lebaran. Perlu anda ketahui, penting untuk meminum segelas air sebelum mulai mengkonsumsi sesuatu, hal ini akan membuat otak kembali fokus serta berhenti memberi sinyal lapar palsu. Hindari minuman bersoda dan kandungan minuman tinggi gula, yang tersedia saat hari raya, walaupun terlihat biasa saja namun konsumsi minuman yang manis-manis dapat meningkatkan kadar gula darah serta berat badan anda.
  2. Perhatikan Porsi Makan
    Tak ada yang tahan dengan berbagai hidangan khas di hari raya, siapapun ingin sekali menyantap makanan spesial di hari tersebut. Tak ada salahnya bila anda ingin mencoba berbagai jenis makanan, namun yang patut anda perhatikan adalah porsi makan anda. Sebaiknya, anda tidak mengkonsumsi lebih dari jumlah normal sehari-hari, agar tidak kebablasan banyak porsi makan anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan piring kecil. Adapun, hal ini dilakukan saat anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan bersantan, selain itu anda juga dapat mencampur beberapa jenis makanan dalam satu piring agar porsinya tetap sesuai. Hal ini akan membantu, menciptakan ilusi bahwa makanan yang anda konsumsi sedikit tapi masih dapat memuaskan selera makan.
  3. Luangkan Waktu Berolahraga
    Walaupun sedang merayakan Lebaran, usahakan untuk tidak meninggalkan kebiasaan baik seperti rutin berolahraga. Hal ini tidak hanya membantu tubuh anda tetap fit dan berat badan stabil, tapi juga membantu anda tak perlu khawatir dengan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Anda dapat melakukannya dengan cara berolahraga dari rumah, berjalan santai, atau pun mengunjungi gym, guna membakar kalori dari makanan yang telah anda konsumsi.
  4. Pola Makan yang Sehat
    Tak harus selalu mengikuti kehendak diri untuk mengkonsumsi makanan berlemak, anda masih dapat mengkonsumsi makanan sehat di kala Idulfitri. Konsumsi makanan seperti tempe, tahu, sayur, serta buah selain baik bagi kesehatan tapi juga membantu anda mengontrol berat badan selama perayaan Lebaran.

Itulah beberapa tips untuk anda tetap menjaga berat badan kala hari raya, lakukan seperti yang dijabarkan sebelumnya guna menjaga kesehatan serta berat badan anda. 

(FAJAR)

  • Bagikan