Prof Judhariksawan Disebut Sosok Ideal Pengganti Menkominfo Johnny G Plate

  • Bagikan
Prof Judhariksawan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi BTS. Kini Sekjen Partai Nasdem itu telah ditahan Kejaksaan Agung.

Pasca penahanan itu, sejumlah spekulasi mencuat terkait sosok pengganti Johnny sebagai Menkominfo. Ada beberapa nama mencuat, antara lain Guru Besar Unhas Bidang Hukum, Prof Judhariksawan.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin, Adi Suryadi Culla menilai, sudah tepat jika pengganti Plate berasal dari kalangan profesional. Sebab, hal itu akan memudahkan akselerasi program kerja di kementerian bersangkutan.

"Prof Judha itu kalau dag salah, dua periode di KPI. Artinya punya modal dan pengalaman memahami gerak media. Modal profesionalitas dalam menjalankan tugasnya sebagai Menkominfo," kata Adi via telepon, Kamis (18/05/2023).

Menempatkan kalangan profesional dalam pos jabatan publik kata Adi, merupakan bagian dari sistem meritokrasi, yaitu memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memimpin berdasarkan kemampuan atau prestasi, bukan kekayaan atau kelas sosial.

"Jadi melibatkan ahli yang punya kompeten, memang seharusnya pengangkatan menteri itu, meskipun punya latar belakang politisi tapi seharusnya punya kompetensi sesuai jabatan yang dimiliki," tandasnya.

Pasalnya, pengangkatan pejabat publik apalagi sekelas menteri kabinet tanpa kompetensi yang mumpuni sangat riskan menimbulkan masalah. Termasuk sulit beradaptasi dengan tupoksinya.

Karena itu, menurut Adi, Judhariksawan sangat tepat mengisi posisi Menkominfo. Selain berasal dari kalangan profesional, ia juga merupakan praktisi penyiaran.

"Yang kedua, kalau profesional, itu bagus. Karena sekarang posisinya ada problem di internal istana antar parpol koalisi, terutama istana dengan Nasdem," tambah Adi.

  • Bagikan