Launching Rumah Gizi, Ketua TP PKK Lutim Optimis Bisa Turunkan Angka Stunting dalam Tiga Bulan

  • Bagikan

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman, didampingi Ketua Bidang IV, Hj. Masrah Bahri Suli beserta jajaran TP-PKK Lutim membuka secara resmi Rumah Gizi yang berada di Desa Puncak Indah dan Parumpanai, Selasa (13/06/2023).

Launching rumah gizi di dua desa lokus stunting ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Hj. Sufriaty, disaksikan Camat Malili dan Ketua TP-PKK Malili, Kades Parumpanai dan Ketua TP PKK Parumpanai, Kades Puncak Indah, kader posyandu, perwakilan Danramil dan Kapolsek, staf PKM Malili dan PKM Parumpanai, Pendamping gizi desa dan Tokoh Masyarakat.

Menurut Sufriaty, tujuan dibentuknya rumah gizi bukan hanya sebagai tempat ajang silaturahmi tetapi dapat menjadi wadah edukasi bersama bagaimana cara memenuhi asupan gizi bagi anak, remaja dan ibu hamil yang sangat penting agar dapat menghindari resiko stunting.

"Perlu adanya pendekatan secara sensitif dan spesifik dalam hal menangani percepatan penurunan stunting. Ditargetkan 3 bulan setelah launchingnya rumah gizi ini, angka stunting di Kabupaten Lutim khususnya di 5 desa lokus stunting ini dapat menurun drastis," ucap Sufriaty.

Sufriaty menambahkan, akan banyak kegiatan penanganan stunting yang dlakukan di rumah gizi, diantaranya penyuluhan tentang gizi, penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemantauan berat, tinggi badan dan kesehatan terhadap anak, remaja serta ibu hamil.

"Saya berharap semua stakeholder khususnya kader dan pendamping gizi desa dapat berkolaborasi bersama-sama, gencar melakukan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga asupan gizi serta perilaku hidup bersih dan sehat," tambahnya.

Setelah launching rumah gizi, dilanjutkan dengan membagikan makanan empat sehat lima sempurna kepada balita dan ibu hamil yang berisiko stunting. (Son)

  • Bagikan